Latest News

Bingung Pilih Yang Mana?? Perbandingan Samsung Galaxy A6 Dan J6


Di akhir bulan ramadhan kemarin samsung mengeluarkan beberapa smartphone terbarunya. Dari seri H5N1 dan seri J. Ada hal menarik dari kedua smartphone samsung tersebut. Seri Milky Way A6 yang mirip dengan seri J Pro tahun kemarin yang di upgrade layar dan kameranya. Kemudian seri Milky Way J yang seperti kembali ke habitatnya, minim sensor dan berbodi belakang plastik.

Namun ada hal yang lebih menarik lagi dari smartphone terbaru samsung tersebut. Ada dua ponsel yang membuat bingung calon pembelinya, apalagi kalau bukan A6 dan J6. Kedua smartphone tersebut memiliki jeroan dan bentuk yang hampir mirip. Kemudian selisih harga yang tidak terlapau jauh, 3.8 juta rupiah untuk Milky Way A6 dan 3.3 Juta rupiah untuk Milky Way J6.

Sekarang kita bahas satu persatu. Apa saja kelebihan dan kekurangan maupun perbedaan dari kedua smartphone tersebut.

1. Dimensi Bodi Dan Design

Dilihat dari dimensi dan bentuknya kedua smrtphone ini hampir mirip. A6 memiliki dimensi 149.9 X 70.8 mm dengan ketebalan 7.7 mm dan J6 memiliki dimensi 149.3 X 70.2 mm dengan ketebalan 8.2 mm. Jadi Milky Way A6 memiliki bodi sedikit lebih tipis. Namun jika dilihat dari belakang jelas terlihat perbedaannya. A6 dengan bodi metalnya yang memiliki garis antena seperti galaxy J Pro. Penempatan kamera yang menyatu dengan finger impress seperti halnya pada Milky Way S9 dan A6. Sedangkan J6 mempunyai tampilan yang lebih segar namun berbodi plastik, dengan penempatan kamera dan finger impress yang terpisah. Untuk sisi samping dari kedua smartphone ini memiliki penempatan yang sama persis seperti slot sim, tombol book dan power, speker, lubang jek audio, maupun lubang cargernya. Dengan demikian Milky Way A6 lebih unggul dengan bodi belakang metalnya. Namun dari sisi blueprint menurut saya lebih ganteng Milky Way J6, karena memilki tampilan lebih baru.

2. Layar Dan Kamera

Kedua smartphone ini memiliki layar infinity display dengan rasio 18.5 : ix yang berukuran 5.6 inci, dengan resolusi HD+ yaitu 720 X 1480 pixels, dengan kerapatan 294 ppi. Tentu saja dengan panel super amoled khas samsung yang nonjok banget warnanya. Namun sayang belum dlengkapi AOD dan keempat sudutnya tidak membulat seperti yang ditemui pada A8 ataupun kakaknya A6 Plus. Di sisi kamera, A6 dibekali kamera xvi MP depan belakang, yang dilengkapi selfie focus untuk kamera depan. Sedangkan J6 memiliki kamera 8 MP depan dan xiii MP belakang. Di bagian ini tentu saja A6 lebih unggul di bagian kameranya.

3. Dapur Pacu Dan Baterai

Milky Way A6 dan J6 mmpunyai jeroan yang hampir sama pula. Sama-sama membawa OS Oreo, dengan Chipset Exynos 7870, CPU octa inwardness 1.6 Ghz Cortex a53, dan GPU Republic of Mali T830 MP1. Ditopang dengan retentivity ram 3GB dan Internal 32 Gb. Di bagian baterai baik A6 maupun J6 juga memiliki daya yang sama pula, Li-ion 3000 mAH yang di tanam dalamnya.

4. Fitur

Selain fingeng impress yang wajib ada di smartphone iii jutaan, kedua smartphone ini sudah memiliki seem upward unlock atau fitur pengenal wajah untuk membuka kunci. Di sisi well juga sudah di lengkapi dolby atmos, yang membuat well terdengar lebih mantap saat mendengarkan music melalui headphone. Tak ketinggalan fitur betoken max yang di sematkan di kedua smartphone ini. Dibagian sensornya sendiri berbeda. Milky Way A6 memiliki sensor yang cukup lengkap. Untuk J6 sensornya sangat minim sekali seperti galaxy J serial kebanyakan. Hanya ada sensor accelerometer dan proximiti saja. Tidak ada sensor cahaya untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis. Jadi A6 lebih unggul dibagian sensornya.


Kesimpulannya Milky Way A6 lebih unggul sedikit di bagian kamera, cloth bodi, dan sensornya dibandngkan Milky Way J6, dengan selisih harga 500 ribuan. Namun sekali lagi untuk blueprint belakang lebih bagus Milky Way J6 yang terlihat lebih baru menurut saya. Sedangkan Milky Way A6 seolah-olah kita melihat galaxy j5 pro yang diganti kameranya, namun tetap lebih unggul dibanding Milky Way J6.

0 Response to "Bingung Pilih Yang Mana?? Perbandingan Samsung Galaxy A6 Dan J6"