Latest News

Merubah Ukuran Grid Ikon Samsung Tanpa Root

Seiring berjalannya waktu kini, customisasi di rom bawaan android mengalami banyak perubahan. Awalnya hanya bisa merubah wallpaper kini sudah lumayan banyak yang yang bisa di ubah. Dari mulai wallpaper, tema, ukuran icon, gaya font, sampai kisi-kisi layar atau grid yang akan saya bahas di postingan kali ini.

Banyak cara untuk merubah ukuran grid di layar domicile covert android. Salah satu yang paling mudah bisa dengan launcher yang banyak tersedia di play store. Contoh yang paling mudah untuk merubah grid dengan menggunakan nova launcher. kita bisa merubah grid maksimal 12X12 di domicile covert dan app drawer. Bisa juga dengan memodifikasi launcher bawaan yang memerlukan akses root. Tergantung kita mau pilih yang mana. Suka yang uncomplicated kita tinggal bisa menggunakan launcher, atau yang gemar modd pasti akan memilih cara yang kedua.

Tanpa kedua cara diatas pun sebenarnya kita sudah bisa merubah ukuran grid icon, karena beberapa merk seperti sony, dan xiaomi sudah menyediakannya. Begitu juga halnya samsung yang memiliki ukuran grid yang bisa di ubah-ubah. 4X4, 4X5, 5X5 di domicile screen, dan, 4X5 5X5 di App drawer.

Ternyata ukuran tersebut masih bisa di ubah lagi menjadi lebih kecil dan lebih rapat. Uniknya lagi tanpa perlu akses root sama sekali. Kita bisa merubah grid icon menjadi dua jenis. Yang pertama infinity display mode, dan tab trend Namun cara ini sepertinya hanya berjalan di samsung sense 8.0 atau OS Nougat.

Pertama Infinity display mode. Saya sebut saja infinity display trend karena ukuran grid di app drawer akan menjadi 4X6, seperti di layar S9. Tapi sebelum merubah merubahnya, aktifkan dulu trend pengempang (developer option) di pengaturan. Caranya buka pengaturan, tentang ponsel, information perangkat lunak, nomor versi (build nomor) tekan berulang-ulang sampai aktif. Jika sudah langsung buka trend pengembangnya (developer option), scroll ke bawah cari lebar minimum (minimum width) kemudian ubah angkanya ke 451. Otomatis grid akan berubah. 4X5, 4X6, 5X5 untuk domicile screen, 4X6 app drawernya.

Selanjutnya trend ke dua seperti tampilan tablet. Dengan trend ini seolah-olah kita sedang memegang tablet versi mini. Caranya sama. Masuk ke trend pengembang, cari lebar minimum ubah ke 511. Contoh realnya ada di video di bawah ini.


Untuk mengembalikan seperti semula cukup mudah. Kembali ke pengaturan, pilih trend pengengbang lagi, ubah lebar minimum ke 411 atau bisa 360. Kalau merasa belum pas besarkan dulu ukuran ikon dari pengaturan tampilan, pembesaran layar dan font. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Kira-kira seperti itu tentang cara merubah ukuran grid icon di ponsel samsung.


Related Post :

0 Response to "Merubah Ukuran Grid Ikon Samsung Tanpa Root"