Latest News

Caranya Menciptakan Rumah Dan Bintang Sederhana menggunakan Strawberry Prolog

Assalamu’alaikum…

            Dalam Pembahasan kali ini, saya ingin memperlihatkan sedikit pengetahuan ihwal Caranya Membuat Rumah dan Bintang menggunakan Strawberry Prolog . Disini saya Bakal memperlihatkan Listing Program, Dan Logika Programnya + Output-nya, sepakat deh eksklusif saja ya disimak.. :

1.       Listing Program

?-
window(_,_,win_func(),"Alf Home",50,50,600,600).
win_func(paint):-
%Segitiga
pen(8,rgb(0,255,0)),
line(300,100,70,300),
line(300,100,550,300),

%Balok
pen(8,rgb(62,17,238)),
rect(70,450,550,300),

%Pintu
pen(8,rgb(255,88,9)),
line(200,350,200,445),
line(200,350,425,350),
line(425,350,425,445),

%Garis Pintu
line(202,445,300,430),
line(202,350,300,370),
line(300,370,300,395),
line(300,395,300,485),
line(420,350,300,395),
line(420,450,300,485),
pen(8,rgb(255,0,128)),
rect(290,410,310,420),

%Jendela
pen(8,rgb(248,33,33)),
rect(180,300,425,200),
pen(8,rgb(255,255,0)),
line(250,300,250,205),
line(300,300,300,205),
line(360,300,360,205),
line(180,235,425,235),
line(180,270,425,270),

%Cerobong Asap
pen(8,rgb(0,0,0)),
line(490,250,490,180),
line(490,180,550,180),
line(550,300,550,180),

%Bintang Kiri
pen(5,rgb(255,0,255)),
line(200,25,230,25),
line(215,15,200,40),
line(215,14,230,40),
line(230,25,200,40),
line(200,25,230,40),

%Bintang Kanan
pen(5,rgb(0,255,255)),
line(400,25,430,25),
line(415,15,400,40),
line(415,14,430,40),
line(430,25,400,40),
line(400,25,430,40).


2.       Logika Program

Pertama-tama pastinya teman buka dahulu aplikasi Strawbery Prolog.

            Sebelum kita menciptakan gambar rumah dan bintang. Dalam pembuatannya, saya menggambar dan menentukkan terlebih dahulu koordinat-koordinat garis tersebut pada kertas, biar mempermudah menemukan titik-titik koordinat X1,Y1,X2,Y2  .

            Jika teman telah selesai menciptakan gambar dan memilih titik koordinat pada kertas tersebut, barulah teman ketik koding ibarat pada listing diatas. Tak usah bingung, saya Bakal menjelaskan mengenai symbol fungsi /kegunaan dari pada listing diatas, teman hanya meletakkan  X1,Y1,X2,Y2  pada kawasan yg benar, sehingga membentuk gambar rumah dan bintang . :

A.        ?-

            Perintah yg dipakai untuk setiap awal dari aktivitas untuk menjadi intrepeteur untuk merespon bab koding selanjutnya. Tanpa symbol ini, PASTI aktivitas yg teman buat Bakal error saat di RUN.

B.        window(_,_,win_func(),"Alf Home",50,50,600,600).

            Perintah yg Digunakan untuk menciptakan sebuah jendela output yg tampil pada Desktop. Saya member ukuran 700x600 dan jarak antara pinggir layar/desktop ke tampilan output pada koordinat 100 ke samping dan 50 ke bawah, dan saya beri nama dengan “Alf Home”.

C.         win_func(paint):-

                 Perintah yg dipakai biar sanggup menciptakan gambar atau garis atau grafik lainnya. Tanpa perintah ini rumah dan bintang atau yg teman buat dengan garis/gambar/grafik tidak Bakal tampil.

D.        %Segitiga, %Balok, %Pintu, dll..

            Perintah yg Di gunakan untuk menciptakan sebuah komentar, atau sanggup dijadikan pembatas antar bentuk/fungsi/baris/perintah.

E.         pen(8,rgb(0,255,0)),

            Perintah yg Digunakan untuk memilih ketebalan dari garis dan memperlihatkan warna. Disini saya menciptakan ketebalan garisnya adalah 8. Lalu 0, 255, 0 yg berarti isyarat warna Hijau Muda. Sobat sanggup mencari isyarat RGB-nya dan mengkreasikan sendiri dengan menggunakan paint.

F.         line(300,100,70,300),

            line(X1,Y1,X2,Y2) . Perintah yg Digunakan untuk menciptakan garis dimana X1 = 300, Y1 = 100, X2 = 70, dan Y2 = 300. Begitupun untuk line/garis-garis berikutnya. Dilakukan hal yg sama.

G.        rect(180,300,425,200),

            Perintah yg Digunakan untuk menciptakan kotak/balok tergantung dari posisi X1,Y1,X2,Y2  . supaya menjadi lebih cepat dan efisien.

NB : setelah teman sudah selesai meng-koding, teman Musti memberi tanda Titik ( . ) pada tamat statement. supaya aktivitas yg teman tidak error.

 
3.       Output


            Mungkin itu saja klarifikasi Mengenai Caranya Membuat Rumah dan Bintang menggunakan Strawberry Prolog dari apa yg telah saya pelajari di Lab Teknik Informatika Gunadarma Mata Kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan, semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^


Wassalamu’alaikum..


Download Strawberry Prolog : Disini atau Disini

0 Response to "Caranya Menciptakan Rumah Dan Bintang Sederhana menggunakan Strawberry Prolog"