Latest News

Membuat Ascii (Membuat Kursor Bergerak Ke Segala Arah) menggunakan Strawberry Prolog

Assalamu’alaikum…

            Dalam Pembahasan kali ini, aku ingin memperlihatkan sedikit pengetahuan ihwal Caranya Membuat ASCII (Membuat Kursor Bergerak ke Segala Arah) menggunakan Strawberry Prolog. Disini aku Bakal memperlihatkan Listing Program, Dan Logika Programnya + Output-nya, sepakat deh eksklusif saja ya disimak.. :

1.      Listing Program


?-
G_X1:=0,
G_X2:=G_X1,
G_Y1:=0,
G_Y2:=G_Y1,

P1:=0,
P2:=0,

window(_,_,win_func(),"Faris Berhasil ASCII",500,200,300,300).

win_func(key_down(39,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1+1), draw2.

win_func(key_down(37,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1-1), draw2.

win_func(key_down(38,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1-1), draw2.

win_func(key_down(40,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1+1), draw2.

win_func(paint):- draw.
draw:-
P1:=G_X1*3,
P2:=G_Y1*3,
ellipse(P1, P2, P1+10, P2+10).
draw2:-
update_window(_),
fail.

2.      Logika Program

            setelah pada aku memperlihatkan listing jadwal ASCII, kini aku coba menguraikan maksud pada listing diatas, adapun pengertian perintah perintah yg ada pada listing, sebagai berikut ;

?-
G_X1:=0,
G_X2:=G_X1,
G_Y1:=0,
G_Y2:=G_Y1,

=>        Perintah yg Di gunakan untuk menciptakan titik koordinat dan pengisian variable pertama kali.

window(_,_,win_func(),"Faris Berhasil ASCII",500,200,300,300).

=>        Perintah yg Digunakan untuk menciptakan sebuah jendela output yg tampil pada Desktop. Saya memberi ukuran window 300x300 dan jarak antara pinggir layar/desktop ke tampilan output pada koordinat 500 ke samping dan 200 ke bawah, dan aku beri nama dengan “Faris Berhasil ASCII”.

win_func(key_down(39,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1+1), draw2.

=>        Perintah yg Digunakan untuk menciptakan semoga titik merah tersebut sanggup digerakkan “ke kanan” menggunakan keyboard

win_func(key_down(37,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1-1), draw2.

=>        Perintah yg Digunakan untuk menciptakan semoga titik merah tersebut sanggup digerakkan “ke kiri” menggunakan keyboard

win_func(key_down(38,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1-1), draw2.

=>        Perintah yg Digunakan untuk menciptakan semoga titik merah tersebut sanggup digerakkan “ke atas” menggunakan keyboard

win_func(key_down(40,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1+1), draw2.

=>        Perintah yg Digunakan untuk menciptakan semoga titik merah tersebut sanggup digerakkan “ke bawah” menggunakan keyboard

win_func(paint):- draw.
draw:-
P1:=G_X1*3,
P2:=G_Y1*3,
ellipse(P1, P2, P1+10, P2+10).
draw2:-
update_window(_),
fail.

            Perintah yg Digunakan untuk menciptakan titik tersebut sanggup bolong ditengah.

3.      Output Program

Tampilan pada Saat di RUN : 



            Lalu Saat teman menggerakan titik merah tersebut dengan menekan tombol (arah) pada keyboard, maka titik merah tersebut Bakal berpindah pindah . ibarat gambar dibawah :               
     
 
(gambar setelah menekan tombol arah)
                       

            Mungkin itu saja klarifikasi Mengenai Bagaimana Caranya Membuat ASCII menggunakan Strawberry Prolog dari apa yg telah aku pelajari di Lab Tehnik Informatika Gunadarma Mata Kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan, semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^



Wassalamu’alaikum..


Download Strawberry Prolog : Disini atau Disini 

0 Response to "Membuat Ascii (Membuat Kursor Bergerak Ke Segala Arah) menggunakan Strawberry Prolog"