Tugas Softskill
Autodesk Vault plug-in, yg kapal dengan 3ds Max, mengkonsolidasikan pengguna 3ds Max aset dalam satu lokasi, memungkinkan mereka untuk seCaranya otomatis melacak file dan mengelola pekerjaan berlangsung. Pengguna sanggup dengan Mudah dan kondusif berbagi, menemukan, dan menggunakan kembali 3ds Max (dan desain) aset dalam produksi skala besar atau lingkungan visualisasi.
BAB 3
APLIKASI yg MENDUKUNG SHADING MODELLING
Model 3D ialah Keliru satu blok bangunan penting dari komputer grafis 3D. Tanpa mereka tidak Bakal ada komputer animasi-tidak ada Toy Story, tidak ada Wall-E, tidak ada ogre hijau besar. Tidak Bakal ada game 3D, yg berarti kita tidak pernah untuk mengeksplorasi Hyrule di Ocarina of Time, dan Master Chief tidak pernah pada Halo. Tidak Bakal ada film Transformers (setidaknya Caranya kita tahu mereka hari ini), dan iklan kendaraan beroda empat mustahil melihat hal mirip ini satu. Setiap objek, karakter, dan lingkungan dalam setiap film animasi komputer atau video game 3D terdiri dari model 3D. Makara ya, mereka cukup penting dalam dunia CG.
Apa itu Model 3D?
Model 3D ialah perwakilan dari setiap objek tiga dimensi (nyata atau bayangan) dalam lingkungan perangkat lunak 3D. Tidak mirip gambar 2D, model 3D sanggup dilihat di suite perangkat lunak khusus dari sudut manapun, dan sanggup ditingkatkan, diputar, atau seCaranya bebas dimodifikasi. Proses membuat dan membentuk model 3D dikenal sebagai pemodelan 3d.
Jenis Model 3D
Ada dua jenis utama dari model 3D yg dipakai dalam film & industri game, perbedaan yg paling terang berada di jalan mereka diciptakan dan dimanipulasi (ada perbedaan dalam matematika yg mendasari juga, tapi itu kurang penting hingga final -pengguna).
NURBS Surface
NURBS Surface: A Non-seragam rasional B-spline, atau NURBS Surface ialah model permukaan halus yg diciptakan melalui penggunaan kurva Bezier (seperti versi 3D dari alat pena MS Paint). Untuk membentuk permukaan NURBS, artis menarik dua atau lebih kurva dalam ruang 3D, yg sanggup dimanipulasi dengan menggerakkan menangani disebut kontrol vektor (CV) sepanjang sumbu x, y, atau z
Aplikasi perangkat lunak interpolates ruang antara kurva dan membuat mesh halus antara mereka. NURBS Surface mempunyai tingkat tertinggi presisi matematis, dan alasannya itu paling sering dipakai dalam pemodelan untuk rekayasa dan desain otomotif.
Polygonal Model
Polygonal Model: model Polygonal atau "(Meshes)/jerat" mereka sering disebut, ialah bentuk paling umum dari model 3D ditemukan dalam animasi, film, dan industri game, dan mereka Bakal menjadi jenis yg kita Bakal berfokus pada untuk sisa artikel.
Model Polygonal sangat mirip dengan bentuk geometris Anda mungkin pelajari di sekolah menengah. Sama mirip sebuah kubus geometris dasar, model poligonal 3D terdiri dari wajah, tepi, dan simpul.
Bahkan, model 3D yg paling kompleks mulai sebagai bentuk geometris sederhana, mirip kubus, bola, atau silinder. Bentuk-bentuk 3D dasar disebut primitif objek. Primitif yg kemudian sanggup dimodelkan, berbentuk, dan dimanipulasi menjadi apa pun objek artis sedang mencoba untuk membuat (sebanyak yg kita ingin masuk ke detail, kita Bakal mengulas proses pemodelan 3D dalam sebuah artikel terpisah).
Komponen dari model poligonal:
Faces: Karakteristik aktual dari model poligonal ialah bahwa (tidak mirip NURBS Surface) ialah jerat poligonal segi, yg berarti permukaan model 3D terdiri dari ratusan atau ribuan wajah geometris. Pada pemodelan baik, poligons baik persegi empat (quad-norma dalam karakter / model organik) atau tiga sisi (tris-lebih sering dipakai dalam pemodelan game). Pemodel baik berusaha untuk efisiensi dan organisasi, mencoba untuk tetap dianggap poligon serendah mungkin untuk bentuk yg diinginkan.
Jumlah poligon dalam mesh, disebut-poli-count, sementara kepadatan poligon disebut resolusi. Model 3D terbaik mempunyai resolusi tinggi lebih detil ialah dibutuhkan-seperti tangan karakter atau wajah, dan resolusi rendah di tempat rinci rendah mesh. Biasanya, semakin tinggi resolusi keseluruhan model, halus itu Bakal muncul dalam render akhir. Jerat resolusi yg lebih rendah terlihat berbentuk kotak (ingat 64 Mario?).
Edge: Edge ialah setiap titik pada permukaan model 3D di mana dua wajah poligonal bertemu.
vertices/Simpul: Titik perpotongan antara tiga atau lebih ujung disebut verteks (gb. simpul). Manipulasi simpul pada x, y, dan z-sumbu (sayang disebut sebagai "mendorong dan menarik verts") ialah teknik yg paling umum untuk membentuk mesh poligonal menjadi bentuk final itu dalam paket pemodelan tradisional mirip Maya, 3ds Max, dll . (Teknik sangat, sangat tidak sama dalam aplikasi mematung mirip ZBrush atau Mudbox.)
Ada satu komponen yg lebih dari model 3D yg perlu ditangani:
Tekstur dan Shaders:
Tanpa tekstur dan shader, model 3D tidak Bakal terlihat menarik. Bahkan, Anda tidak Bakal sanggup melihatnya sama sekali. Meskipun tekstur dan shader tidak ada yg melaksanakan dengan bentuk keseluruhan model 3D, mereka mempunyai segala sesuatu yg berkaitan dengan tampilan visual itu.
Shaders: shader ialah satu set aba-aba diterapkan pada model 3D yg memungkinkan komputer tahu bagaimana Musti ditampilkan. Meskipun jaringan shading sanggup dikodekan seCaranya manual, paket perangkat lunak yg paling 3D mempunyai alat yg memungkinkan seniman untuk men-tweak parameter shader dengan sangat mudah. menggunakan alat ini, seniman sanggup mengendalikan Caranya permukaan model berinteraksi dengan cahaya, termasuk opacity, reflektifitas, sorot specular (kilau), dan puluhan lainnya.
Tekstur: Tekstur juga berkontribusi besar terhadap tampilan visual model. Textures dua file gambar dimensi yg sanggup dipetakan ke permukaan 3D model melalui proses yg dikenal sebagai pemetaan tekstur. Textures sanggup berkisar dari yg sederhana dalam kompleksitas tekstur warna datar hingga detail permukaan benar-benar realistis.
Texturing dan shading merupakan aspek penting dari pipa grafis komputer, dan menjadi pintar menulis shader-jaringan atau mengembangkan peta tekstur ialah khusus di dalamnya benar sendiri. Tekstur dan shader seniman hanya sebagai instrumen dalam keseluruhan tampilan film atau gambar sebagai pemodel atau animator.
3.1 PENGENALAN BLENDER DAN 3DMAX
Blender 3D yg merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling terkenal di dunia. Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D berharga mahal mirip 3D studio max, maya maupun XSI. Dengan Blender 3D anda bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya. Blender 3D mengatakan fitur – fitur utama sebagai berikut :
1. interface yg user friendly dan tertata rapi.
2. tool untuk membuat objek 3D yg Komplit meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yg lainnya.
4. Kualitas arsitektur 3D yg berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5. Dukungan yg aktif melalui lembaga dan komunitas
6. File Berukuran kecil.Blender ialah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yg gratis dan terkenal di kalangan desainer.
(Perangkat lunak ialah istilah umum untuk data yg diformat dan disimpan seCaranya digital, termasuk aCaranya komputer, dokumentasinya, dan banyak sekali informasi yg bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagiansistem komputer yg tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, ialah bentuk dari benda yg memilik ipanjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya dipakai dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender sanggup dipakai untuk membuat animasi 3 dimensi.
(Animasi, atau lebih dekat disebut dengan film animasi, ialah film yg merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yg bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yg kemudian di-"putar" sehingga muncul imbas gambar bergerak. Dengan derma komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat Mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.)
Software pengembangan animasi dimensi tiga merupakan software yg banyak digunakan oleh para praktisi dalam bisnis periklanan. Software ini banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yg disediakan untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS Max merupakan software dimensi tiga yg dapat membuat objek dimensi tiga tampak realistis. Keunggulan yg dimiliki adalah kemampuannya dalam menggabungkan objek image, vektor dan tiga dimensi, serta langsung dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan feature-feature gres yg dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ilham kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya Musti menjadi motivasi bagi siswa selaku manusia yg bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun dari banyak sekali macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan konsep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini meliputi dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yg sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk sanggup melatih diri dalam mengeksplorasi ilham dan kreatifitas mereka
3.2 SEJARAH BLENDER DAN 3DMAX
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yg bergerak dibidang animasi yg dinamakan NeoGeo. NeoGeo ialah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan Keliru satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yg pada kesudahannya dinamakan Blender. setelah diamati ternyata Blender mempunyai potensi untuk dipakai oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yg berjulukan Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN ialah untuk membuat sebuah software animasi 3D yg padat, cross platform yg gratis dan sanggup dipakai oleh masyarakat computer yg umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar Saat itu. Tahun 2001 NaN dibuat ulang menjadi perusahaan yg lebih kecil NaN kemudian meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini ialah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yg rendah dan iklim ekonomi yg tidak menguntungkan Saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yg berjulukan Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation ialah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License..
Produk orisinil 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yg pada Saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max" (semua aksara kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yg telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan aksara kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".
3.3 FITUR-FITUR BLENDER DAN 3DMAX
Blender mempunyai fitur sama berpengaruh mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software mirip Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yg merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini ialah Open Source yg paling terkenal grafis 3D aplikasi yg tersedia, dan merupakan Keliru satu yg paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
• Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
• Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
• Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem hambatan animasi
• Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, imbas pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
• UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
• Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
• Fisika dan Partikel: sistem Partikel sanggup dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime badan lembut
• Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
• Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; goresan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
• Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk dipakai untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan banyak sekali Sistem Oprasi lainnya .
• Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
• Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
• Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
Area kerja 3DS max
1. Menu, berisi banyak sekali macam perintah dan akomodasi untuk memodifikasi model atau animasi yg kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yg ada pada software pada umumnya.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yg sanggup dipakai untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan Caranya lain juga kita sanggup lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yg berkaitan dengan objek yg kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yg ada dalam suatu objek, density, massa, imbas gravitasi, dan banyak lagi yg lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yg berada di bawah biasa disebut rollout. Makara nanti kita tidak lagi resah dengan istilah rollout.
4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yg aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut ialah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yg sanggup dipakai untuk banyak sekali keperluan dalam memanipulasi objek yg kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar mirip tampak pada gambar di bawah ini :
Fitur-fitur 3DMAX :
a. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yg lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk tetapkan ikatan atau kekerabatan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan akomodasi yg dipakai untuk menghubungkan suatu objek dengan imbas tertentu, contohnya kita Bakal menghubungkan objek pale dengan imbas air (Water).
f. Selection filter merupakan akomodasi yg sanggup dipakai untuk menyaring objek apa yg Bakal dipilih.
g. Select object digukanan untuk menentukan atau menyeleksi objek.
h. Select by name dipakai untuk menentukan objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and move dipakai untuk menentukan dan memindahkan posisi objek.
j. Select and rotate dipakai untuk menentukan dan memutarkan objek yg kita pilih tersebut.
k. Select and scale dipakai untuk menentukan dan mengubah ukuran objek
l. Use center flyout dipakai untuk menentukan coordinate system yg Bakal mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror dipakai untuk menjiplak atau mencerminkan objek
n. Layer manager dipakai untuk mengatur layer
o. Curve editor dipakai untuk mengatur kurva dari objek yg kita buat
p. Material editor merupakan akomodasi untuk memberi material atau teksture pada objek yg kita buat
q. Render scene obrolan digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yg sanggup mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa potongan lain yg terdapat dalam scene 3ds max yg perlu kita ketahui, yaitu :
Time Slider
Prinsipnya sama dengan Timeline yg berada pada software pembuat animasi yg lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yg ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melaksanakan perubahan animasi pada suatu objek.
3.4 Kelebihan Blender dan 3DMAX
Blender ialah Keliru satu software open source yg dipakai untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yg dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
• Open Source
Blender merupakan Keliru satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yg dipakai Blender.
• Multi Platform
Karena sifatnya yg open source, Blender tersedia untuk banyak sekali macam operasi sistem mirip Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yg dibuat menggunakan Blender versi Linux tak Bakal berubah Saat dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
• Update
Dengan status yg Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
• Free
Blender merupakan sebuah software yg Gratis Blender gratis bukan alasannya tidak laku, melainkan alasannya luar biasanya fitur yg mungkin tak sanggup dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender terkenal diseluruh dunia bukan mirip 3DMAX/ Lainnya yg di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
• Komplit
Blender mempunyai fitur yg lebih Komplit dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender yg di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling mirip Blender.
• Ringan
Blender relatif ringan Jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah sanggup berjalan dengan baik namun tidak bisa dipakai seCaranya maksimal. Misal untuk membuat highpolly Bakal sedikit lebih lambat.
• Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yg sudah tersebar di dunia. Dari yg newbie hingga yg sudah advance terbuka untuk mendapatkan masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling menyebarkan tutorial dan file seCaranya terbuka. Keliru satu referensi nyatanya ialah OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Tampilan Awal Pada Blender
Tampilan Awal Blender
MAXScript ialah built-in bahasa scripting yg sanggup dipakai untuk mengotomatisasi kiprah yg berulang, menggabungkan fungsi yg ada dengan Caranya baru, mengembangkan alat gres dan user interface, dan banyak lagi. Modul plugin sanggup dibuat sepenuhnya dalam MAXScript.
Karakter Studio
Karakter Studio ialah sebuah plugin yg semenjak versi 4 Max kini terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja dengan menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka pengaturan yg mempunyai saham yg sanggup dimodifikasi dan diadaptasi dengan jerat karakter bugar dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing yg berpengaruh untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan workflow keyframing, dan menyebarkan data di seluruh animasi kerangka Biped tidak sama. Ini "Biped" objek mempunyai fitur berkhasiat lainnya yg membantu mempercepat produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Adegan Explorer
Adegan Explorer, sebuah tool yg menyediakan tampilan hierarkis adegan data dan analisis, memfasilitasi bekerja dengan adegan yg lebih kompleks. Explorer adegan mempunyai kemampuan untuk menyortir, menyaring, dan pencarian adegan oleh setiap jenis objek atau properti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max 2008, itu ialah komponen pertama untuk memfasilitasi. Kode dikelola NET dalam 3ds Max luar MAXScript.
DWG Impor 3ds Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG. Peningkatan administrasi memori dalam 3ds Max 2008 memungkinkan adegan yg lebih besar Musti diimpor dengan beberapa objek.
Tekstur Penugasan / Edit
3ds Max mengatakan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi; Hapus Distorsi; Pertahankan UV, dan ekspor Template gambar UV. Alur kerja tekstur meliputi kemampuan untuk menggabungkan yg tidak terbatas jumlah tekstur, browser materi / peta dengan dukungan untuk drag-and-drop tugas, dan hirarki dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yg mendefinisikan lapisan budbahasa dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs berdasarkan orang-orang lapisan; copy / paste bahan, peta dan warna, dan saluran ke jenis pemetaan cepat (kotak, silinder, bola).
Umum keyframing
Dua keying mode - set kunci dan kunci otomatis - mengatakan dukungan untuk workflow keyframing tidak sama. Cepat dan kontrol intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste - membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Lintasan Animasi sanggup dilihat dan diedit pribadi di viewport.
Dibatasi Animasi
Objek sanggup animasi sepanjang kurva dengan kontrol untuk penyelarasan, perbankan, kecepatan, kelanCaranyan, dan perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol untuk penyelarasan. Berat jalur yg dikendalikan animasi antara kurva ganda, dan menghidupkan berat. Objek sanggup dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek lain dengan banyak sekali Caranya - termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yg tidak sama, dan menghubungkan di banyak sekali titik dalam waktu. Kendala ini juga mendukung animasi pembobotan antara lebih dari satu sasaran. Semua animasi dibatasi dihasilkan sanggup jatuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih lanjut.
Skinning
Entah Kulit atau pengubah Physique sanggup dipakai untuk mencapai kontrol sempurna deformasi tulang, sehingga karakter deformasi lancar sebagai sendi yg bergerak, bahkan di tempat yg paling menantang, mirip bahu. Kulit deformasi sanggup dikendalikan dengan menggunakan beban puncak langsung, volume simpul didefinisikan oleh amplop, atau keduanya.
Kemampuan mirip tabel berat, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot mengatakan Mudah mengedit dan kedekatan berbasis transfer antara model, menyediakan akurasi dan fleksibilitas yg dibutuhkan untuk karakter rumit.
Opsi mengikat kaku menguliti berkhasiat untuk menghidupkan rendah poligon model atau sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa. Pengubah tambahan, mirip Kulit Bungkus dan Kulit Morph, sanggup dipakai untuk menggerakkan jerat dengan jerat lainnya dan membuat penyesuaian bobot yg ditargetkan di tempat sulit.
Kerangka dan Invers Kinematika(IK)
Karakter bisa dicurangi dengan kerangka kustom menggunakan 3ds Max tulang, pemecah IK, dan alat rigging didukung oleh Data Motion Capture. Alat animasi Semua - termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - sanggup dipakai bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yg diharapkan untuk mendapatkan karakter mereka animasi .
Empat plug-in kapal pemecah IK dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, dan spline IK solver. Ini pemecah berpengaruh mengurangi waktu yg dibutuhkan untuk membuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independen mengatakan gabungan halus antara animasi IK dan FK dan menggunakan sudut lebih suka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yg terkena.
Pemecah sejarah yg bergantung bisa menuntaskan dalam batas bersama dan dipakai untuk mesin mirip animasi. Ekstremitas IK ialah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan karakter lengan atau kaki. Spline IK solver menyediakan sistem animasi yg fleksibel dengan node yg sanggup dipindahkan di mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi efisien rantai tulang, mirip tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk Mudah dipakai twist dan kontrol roll.
Integrated Cloth Solver
Selain pengubah kain reaktor, 3ds Max software mempunyai mesin kain-simulasi terpadu yg memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek 3D ke pakaian, pakaian atau membangun dari awal. Tabrakan pemecahan cepat dan akurat bahkan dalam simulasi yg kompleks. (Image.3ds max.jpg)
Simulasi Lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain seCaranya real time untuk mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Kain simulasi sanggup dipakai bersama dengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, mirip Space Warps. Beberapa sistem kain independen sanggup animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data deformasi Kain sanggup di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Integrasi dengan Autodesk Vault
0 Response to "Tentang Shading Modelling Belahan 3 ( Desain Pemodelan Grafik) Lanjutan 2.."