Latest News

Cara Menggabungkan Kolom Kawasan Dan Tanggal Lahir Pada Excel

Cara menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel, Siapa yang tidak galau bila belum tahu triknya. menyerupai halnya aku dulu, mungkin para pemirsa juga yaitu utak-atik data file excel mencari celah semoga pekerjaannya cepat terselesaikan dan tidak lama-lama, menyerupai halnya bila data anda semisal data siswa yang ada pada emis, di sana ada sebuah kolom daerah dan tanggal lahir siswa yang di letakkan pada kolom yang berbeda, dan di satu kesempatan ada sebuah perintah dari kepala sekolah anda untuk mengisi data dan salah satunya daerah dan tanggal lahir, namun daerah dan tanggal lahir tersebut di buat satu kolom saja. andai saja anda input setrik manual tentu akan memakan banyak waktu, alasannya notabene jumlah siswa hingga ratusan bahkan ribuan. kemudian bagaimanakah untuk mengatasinya? simak saja yang akan aku ulas setrik singkat berikut ini:

Cara menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom cell

sebelum anda melaksanakan langkah-langkah yang akan aku bagikan ini, anda sebaiknya mengingat bahan yang telah aku bagikan pada artikel sebelumnya mengenai fungsi rumus concatenate, bila anda sudah ingat paham dengan rumus tersebut sebetulnya anda sudah cukup untuk menerapkan trik menggabungkan text daerah lahir dengan tanggal lahirnya, jadi tampaknya ini menyerupai mengulangi pada bahan sebelumnya, namun jangan khawatir disini anda nantinya akan menambah sebuah wawasan gres bila nantinya format tanggal menjadi hanya angka saja tanpa tanda miring atau strip, menyerupai pola kasus siswa atas nama budi yang lahir di bakau heni pada tanggal 3 april 2001 atau 3/4/2001menjadi bakau heni36954, nah disinilah pemirsa dapat menambah ilmu excel untuk keperluan mempercepat input data-data yang terus ada di depan mata. jadi disini akan aku bagikan 2 trik sekaligus dalam Cara menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel. oke pribadi saja demikianlah panduannya:

Baca juga : Contoh penggunaan fungsi text concatenate

2 Cara menggabungkan text daerah dan tanggal lahir pada excel

1. Cara yang pertama, kita akan memanfaatkan fungsi huruf "&" dalam penggabungan text pada kolom excel, jadi setrik sederhana rumus atau syntaxnya ialah sebagai berikut :

=B5&C5
=B5&” “&C5

Penjelasan rumus:
  • =B5&C5 menghasilkan bakau heni36954
  • =B5&” “&C5 menghasilkan bakau heni 36954 (ada sepasinya/jarak antara text daerah lahir dengan tangal lahir), kemudian kenapa kok tangal lahirnya jadi hanya angka saja yaitu : 36954, kenapa begini? hal ini dikarenakan format Date/tanggal ketika digabungkan dengan teks akan bermetamorfosis format Number (di hitung mulai tgl 01/01/1900 sebagai 1).

Lalu bagaimana untuk mengatasinya? jangan khawatir gan, disini kita akan mensiasatinya dengan menggunakan rumus text yang telah tersdia pada kegiatan excel tersebut, jadi rumus atau syntax dasarnya ialah sebagai berikut : TEXT(value, format_text) sehingga rumus nantinya akan menjadi menyerupai berikut:

=B5&”, ”&TEXT(C5,"format cell")


Penjelasan rumus excel:
  • = : sebuah rumus pembuka sebuah perintah
  • B5 : yaitu cell pertama yang anda pilih yang akan anda gabungkan
  • & : memberi pengertian dan (dengan data apa yang akan di gabungkan)
  • ", " : untuk membuat sebuah huruf tertentu menyerupai tanda koma atau spasi
  • & : berarti dan, ada penggabungan lagi yaitu pengabungan rumus text juga
  • TEXT : rumus text
  • C5 : cell yang akan di gabungkan dengan dikombinasikan rumus text
  • ; : rumus telah di tutup, setrik kebijaksanaan mengartikan "maka" bila tanda (;) tidak berfungsi maka dapat menggunakan tanda (,) atau koma.
  • "format cell" : isi model atau format penanggalan, semisal dd/mm/yyyy

Setelah memahami rumus-rumus diatas maka nantinya rumus akan tepat menjadi menyerupai berikut:

=B5&" , "&TEXT(C5,"dd/mm/yyyy")

Untuk lebih dapat memahami silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:

 Cara menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel Cara menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel

Jika rumus tersebut tidak dapat berfungsi maka silahkan anda coba yang ini: =B5&" , "&TEXT(C5;"dd/mm/yyyy"), kemudian apa bedanya? coba anda perhatikan apa yang beda dari kedua rumus tersebut? yaitu tepat pada tanda titik koma dengan koma, kemungkinan komputer anda menggunakan bahasa ingris jadi akan berfungsi bila menggunakan tanda ; (titik koma). dd/mm/yyyy artinya dd/day artinya tanggal, mm/month artinya bulan dan yyyy/year atinya tahun, jadi nantinya akan menjadi kira menyerupai ini 20/03/2014. dan di sana ada beberapa format format penulisan tanggal lahir yang lain menyerupai :
  1. DD/MM/YYYY : Hasilnya akan menjadi 20/03/2014
  2. DD MMMM YYYY : menjadi 20 Maret 2014
  3. D-MM-YYYY : menjadi 2-03-2014
  4. DD-MM-YYYY menjadi 20-03-2014
  5. YYYY-MM-DD: menjadi 2014-03-20
  6. DD MMM YY : menjadi 20 Feb 2014
Jika anda sudah hafal rumus-rumus untuk menggabungkan dua cell menjadi satu pada tulisannya maka saatnya anda praktikkan semoga anda lebih dapat mengingatnya rumus tersebut

2. Sedangkan untuk trik yang kedua dalam mengabungkan dua kolom menjadi satu pada excel yaitu menggunakan rumus CONCATENATE, Masih ingat kan rumus concatenate ini yang telah aku bagikan pada post sebelumnya? atau silahkan anda ulang mengingat rumus berikut:
 
=CONCATENATE(B5,C5)
=CONCATENATE(B5,", "&TEXT(C5,"dd/mm/yyyy"))

Makara hampir sama dengan memanfaatkan huruf "&" atau cncatenate, yaitu menggabungkan dengan rumus text semoga tanggal lahirnya dapat menjadi menyerupai yang kita harpakan di atas. perhatikan gambar:

 Cara menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel Cara menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel

Pada pola gambar di atas, aku masih menggunakan data dari siswa atas nama "Budi" jadi masih tetap menggunakan B5 dan C5, Baik, demikianlah panduan excel wacana trik menggabungkan kolom daerah dan tanggal lahir pada excel, semoga bermanfaat bagi pemirsa sekalian, hingga jumpa salam, jangan anda lewatkan juga 3 Cara gampang menampilkan angka 0 (nol) di excel

0 Response to "Cara Menggabungkan Kolom Kawasan Dan Tanggal Lahir Pada Excel"