Latest News

Apa Perbedaan Domain Dan Hosting?

Perbedaan Domain dan Hosting

Apakah domain itu dan apa itu hosting? Mungkin anda bertanya-tanga sesungguhnya apa yang dinamakan domain dan apa yang dinamakan hosting, setrik sederhana saya domain yaitu nama blog/website atau situs anda sedangkan hosting yaitu daerah penyimpanan file blog/websitenya. Sekarang akan saya ibaratkan anda memiliki sebuah toko atau warung dalam perdagangan, anda tentunya ingin membuat NAMA toko serta akan mencari TEMPAT (kontrakan) toko tersebut untuk menyimpan barang-barang yang akan anda jual. Nah dalam hal ini domain mirip sebuah NAMA  toko anda, sedangkan Hosting yaitu TEMPAT (Kontrakan) toko tersebut, bagaimana..? paham kan. Makara kalau anda ingin terjun bisnis marketing setrik online anda akan membutuhkan sebuah domain serta hostingya terlebih dahulu. Lalu bagaimana trik mendapat domain dan hosting tersebut? Silahkan anda teruskan membaca untuk mengetahui terlebih dahulu macam-macam domain dan hosting.

tanga sesungguhnya apa yang dinamakan domain dan apa yang dinamakan hosting Apa Perbedaan Domain dan Hosting?

Macam-macam domain

Domain yang telah saya jelaskan di atas (nama website), anda akan sanggup mendapat dengan dua trik yaitu setrik gratis dan setrik berbayar. Makara demikianlah macam-macam domain untuk anda ketahui terlebih dahulu sebelum membangun website:

1. Domain gratis
Anda sanggup saja mendapat domain gratis yang telah di sediakan oleh penyedia, dan selama ini yang masih popular dari domain gratis tersebut yaitu milik google yaitu blogger.com yang nantinya domain anda akan memiliki cirikhas atau aksesori atau apalah namanya yang pada dasarnya domain anda kalau membuat dari blogger ini akan berahiran blogspot.com, Seperti teladan kalau anda ingin membuat nama blog dengan NAMA “tentangwebsites”, maka nantinya otomatis akan menjadi “tentangwebsites.blogspot.com” dan anda pun tanpa membayar ke pihak Google alasannya yaitu memang disediakan setrik Cuma-Cuma alias gratis. Dan ada juga penyedia domain gratis yang tidak mengecewakan terkenal kedua sesudah blogspot yaitu Wordpress, jadi sama saja kalau anda ingin membuat NAMA domain anda melalui wordpress.com, yaitu layanan media umum blogging yang diciptakan oleh Matt Mullenweg ini maka NAMA domain anda ini natinya akan berahiran wordpress sesudah nama domain contohnya domain anda berjulukan “imammuttaqin58” maka nantinya akan menjadi imammuttaqin58.worpress.com, namun wordpress ini tidak support dengan Google AdSense kecuali kalau sudah Self Hosting.

Itulah dua layanan untuk membuat domain setrik gratis yang cukup popular, sesungguhnya masih banyak layanan untuk membuat domain gratisan sekain dua di atas, namun saya rasa anda suka yang popular-populer, contohnya layanan media social blogging “Tumblr”, ini juga di sediakan setrik gratis untuk membuat domain anda. Adapun Tumblr ini di ciptakan oleh ceo yang berjulukan David Karp, namun layanan blogging tumblr ini pada tahun 2013 sudah di beli oleh Yahoo dengan harga yang fantastis yaitu senilai USD 1,1 miliar atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 10 triliun, mantab kan? Cukup untuk anak cucu 7 turunan.
Dengan harga senilai itu Ceo wordpress Matt Mullenweg, menilai bahwa harga USD 1,1 miliar atau Rp 10 triliun itu masih di anggap murah, alasannya yaitu ia menilai harga USD 1,1 miliar ini masih ¼ harga tumblr untuk kedepannya. Dan sesudah tumblr di akuisisi oleh Yahoo maka pengguna Tumblr banyak yang lari ke wordpress alasannya yaitu meraka takut dengan kejadian-kejadian yang sudah lewat, bencana apa? Masih ingatkah anda di tahun 2010 silam dengan layanan media social blogging berbasis lokasi yaitu “Koprol” yang diciptakan oleh anak bangsa, sesudah koprol di beli Yahoo ternyata pada ahirnya layanan koprol tersebut ditutup. Apa nasibnya? Yah tidak mengecewakan mengecewakan, namun bagaimana lagi kalau sudak di pindah tangankan hak? Tentu terserah yang punya hak yaitu yahoo.
Begitu juga ada layanan blogging yang berjulukan “Multiply” yang pada ahirnya di tutup sesudah di beli, jadi itulah namanya bisnis, para pakar bisnis akan melaksanakan strategi-strateginya dalam meningkatkan pendapatannya.

2. Domain berbayar
Kita lanjutkan pembahasan yaitu macam domain yang kedua yaitu domain berbayar, dimana anda nantinya sanggup membuat NAMA toko / NAMA domain anda dengan trik membayar terlebih dahulu, apa istimewanya? Dengan layanan domain berbayar ini nanti NAMA domain anda tidak ada embel-embelnya lagi mirip tambahan ahiran “blogspot”, “wordpres” atau “Tumblr” jadi pribadi berahiran .com, co, co.id, .info, net dan lain sebagainya, dan andapun sanggup menentukan setrik bebas calon NAMA toko anda selagi masih tersedia artinya NAMA belum di pakai pengguna lain yang telah mendahului anda, misalkan anda ingin membuat NAMA domain anda dengan “tentangwebsites” dan anda ingin menentukan yang berahiran .com maka nantinya NAMA domain anda akan menjadi tetangwebsites.com, kalau tidak tersedia alasannya yaitu sudah di gunakan oleh pengguna lain maka anda juga sanggup menentukan misalkan tentangwebsites.net siapa tahu belum ada yang menggunakannya NAMA domain tersebut. Dan saya pernah juga menggunakan domain berbayar ini dari pihak penyedia yaitu idhostinger.

Jadi kalau anda menentukan layanan domain berbayar ini maka systemnya yaitu main kontrak, jadi anda sanggup menggunakan NAMA domain tersebut sesudah anda kontrak (bayar) dengan system tahunan. Harganya pun berfareasi ada berkisaran 100-300 ribu, tergantung ahiran domain tersebut, biasanya yang ahiran .sch akan relative murah alasannya yaitu untuk web sekolah. Dan kalau anda tidak memperpanjang kontraknya, maka domain anda tidak sanggup lagi di brows oleh mesin telusur, alasannya yaitu pihak penyedia akan melepas domain tersebut dari hak anda alasannya yaitu anda tidak bersedia memperpanjang kontraknya, jadi kalau anda menggunakan layanan yang ini silahkan anda pantau tanggal jatuh temponya, dan kalau akan jatuh tanggal maka segeralah memerpanjangnya (membayar lagi) kalau anda ingin menggunakan domain tersebut, kalau tidak ingin memperpanjang alasannya yaitu banyak sekali alasan maka tidak masalah, namun anda nantinya akan kehilangan NAMA toko/domain tersebut, dan kalau tidak anda gunakan lagi dan di pesan oleh pengguna lain, maka NAMA toko andapun akan di miliki oleh kontraktor lain.

Macam-macam Hosting

Begitu juga dengan Hosting tdak beda dengan Domain yaitu ada yang hosting gratis dan ada juga hosting berbayar, untuk yang gratisan itu juga banyak saya contohkan satu saja yaitu hosting dari blogger kalau anda sudah menghubungan akun googlenya dengan akun drive dari Google maka anda akan mendapat sebuah space ruang penyimpanan file blog anda sebesar 1 Gb (giga byte). Makara kalau anda menggunakan domain gratis dari blogger yang berdomain blogspot mka anda sanggup memanfaatkan hosting gratisan ini.

Sedangkan untuk harga dari hosting yang berbayar itupun juga tergantung space dan banwith yang tersedia, semakin kapasitas space dari hostin tersebut maka semakin mahal, maksudnya mirip di atas tadi saya uraikan bahwa hosting itu mirip toko itu ruang lingkup tokonya tersebut, layaknya anda akan mengkontrak sebuah ruko, maka semakin luas ruangannya maka semakin mahal pula harga kontrakannya, begitu juga dengan hosting yaitu semakin besar space hosting maka smakin mahal harga sewanya, sebagai perbandingan harga sewa hosting itu berkisar 90.000 hingga 8.000.000 an per bulan.

Demikianlah sekilas wacana perbedaan antara domain dengan hosting untuk anda ketahui, supaya artikel ini bermanfaatbagi pembaca blog tentangwebsites, hingga jumpa salam.

0 Response to "Apa Perbedaan Domain Dan Hosting?"