Latest News

Masalah Pada Baterai Smartphone Android



Berawal dari sebuah Kasus yang terjadi pada diri saya yaitu : Pada dikala bekerja secara tak sengaja saya menjatuhkan baterai Galaxy Nexus kelantai,ini terjadi  dikarnakan ketidak hati-hatian saya dalam bekerja. Pada dikala itu saya belum berfikir akan terjadi kerusakan pada baterai Galaxy nexus tersebut sehingga pada dikala dipasang dan dihidupkan, jreeng…Galaxy Nexus tersebut tidak dapat dihidupkan, dan pada dikala saya ujicoba di colokkan ke Laptop tetap tidak ada input atau tanda tanda kehidupan dan begitu juga pada dikala dicoba di charger karenanya tetap nihil,tahukan anda kenapa dapat begitu? Yuk kita bahas segala sesuatu perihal baterai Smartphone android disini.
Ada beberapa Faktor penyebab rusaknya baterai :

  1.   Faktor Dari Baterai
·        Usia
Pemakaian yang usang atau usia baterai yang sudah usang juga termasuk penyebab rusaknya baterai smartphone android. Biasanya berkiasar antara 2 tahun keatas.
·        Limit Pemakaian
Kadang ada batas limit pemakaian dari pihak produsen Smartphone, umpama dibatasi hingga 3 tahun. Kalau dalam bahasa lainnya sudah kadaluarsa.
·        Limit pengecasan
Kadang ada batas limit pengecasan dari produsen, umpama sebuah baterai smartphone tersebut dibatasi hingga 1000x, dan jikalau seumpama lebih dari yang dibatasi itu tentu akan dapat merusak atau menciptakan baterai drop.
·        Baterai Palsu
Baterai palsu atau baterai yang tidak original tentu akan sangat berbeda peformanya dibanding baterai yang asli. Biasaya ketahanan dari baterai tersebut sangatlah rendah.
·        Kerusakan Fisik
Terjadi kerusakan pada fisik baterai,seperti baterai bocor,berlubang atau pecah ini dapat terjadi oleh faktor human (manusia).
·        Baterai yang salah kontruksinya
Ini terjadi memang dari pihak produsennya,kenapa? Bisa saja pada dikala pembuatan smartphone tersebut diisi oleh pihak produsennya dengan baterai yang kurang pas atau bahkan pembuatan baterainya yang kurang baik,biasanya ini jarang terjadi.


 2.   Faktor Manusia
Faktor insan juga sangat memilih kerusakan pada baterai smartphone kita, kenapa? Yuk simak pembahasan berikut.
·        Waktu mengecas terlalu cepat
Kurang sempurnanya waktu pengecasan juga dapat menciptakan menurunkan kinerja baterai, umpama kapasitas baterai kita diwajibkan isi penuh hingga 3 jam, tapi kita malah sering mengecas hanya beberap menit atau hanya sebentar.
·        Waktu mengecas terlalu lama
Ini ialah kebalikan dari poin yang diatas, biasanya kebanyakan baterai smartphone batas maximalnya sekitar 8 – 12 jam dikala charger selebihnya dapat menciptakan baterai soak atau menurun peformanya,lama kelamaan dapat menciptakan baterai tersebut mengembung ibarat orang hamil ^_^. Memang dikala ini sudah ada sebagian dari smartphone yang sudah mempunyai teknologi yang mengatasi masaalah tersebut, cara kerjanya dapat dengan membuang energi yg masuk ke baterai pada dikala baterai tersebut sudah penuh,tapi bagaiamana dengan teknologi di smartphone kita jikalau belum ibarat itu? Alangkah baiknya kita berjaga-jaga demi kebaikan.
·        Sering Cabut pasang
Kadang kita sering cabut pasang charger ke smartphone kita, mungkin karna ada keperluan atau hal-hal lain.perlu diingat hal ibarat ini juga dapat menciptakan peforma baterai kita menurun.
·        Waktu mengecas yang kurang tepat
Untuk mengecas smartphone itu sangat disarankan pada dikala baterai smartphone kita tinggal 30% kebawah. Kadang kebanyakan dari kita mengecas android pada dikala baterai masih sangat banyak,umpama masih <30% ini juga tidak baik untuk kebaikan baterai kita.berikut tips perihal problem ini :
¨ Chargerlah Smartphone anda pada dikala kapasitas dayanya tinggal >30% (dibawah 30%).
¨      Pada dikala mengecas sebaiknya smartphone anda dimatikan.
¨      Biasakan mengecas hingga indikator baterai penuh.
·        Dipakai sambil kerja
Banyak dari kita sering menggunakan smartphone pada dikala lagi di charger, ibarat sambil nelpon,game atau bahkan online. Taukah anda hal tersebut akan banyak menghipnotis pada hardware smartphone kita? Ada beberapa penyebab yang dapat ditimbulkan salah satunya overhert atau panas berlebih,kenapa bisa? Karena pemaksaan kinerja smartphone pada dikala mengecas akan mengakibatkan panas pada smartphone kita. Hal ini juga akan menciptakan kinerja baterai kita meningkat lantaran terpaksa dan tentu hal ini juga dapat menciptakan baterai kita cepat rusak, dan selain itu juga dapat menciptakan hardware didalam smartphone kita rusak kenapa bisa? Sebab,komponen dari perangkat digital termasuk smartphone terdiri dari ribuan IC yang digabung untuk membentuk Chip. Dan IC tersebut dibuat dari ribuan komponen yang aktif, sedangkan komponen tersebut sangat rentan panas, jikalau ada panas yang berlebih lewat dikomponen tersebut maka dapat menciptakan komponennya rusak. (Untuk mengetahui problem ini dapat baca dasar-dasar elektronik dan elektro digital).
·        Baterai sering dicas pada dikala kosong
Kadang dari kita sering menciptakan baterai hingga benar-benar kosong gres di charger,taukah anda hal tersebut juga dapat merusak baterai?
Jika baterai hingga benar-benar kosong lantaran pemaksaan dari kita untuk menghidupkannya yang berulang dapat lantaran keperluan atau listrik mati maka kemungkinan baterai tersebut dapat kehabisan daya dan bahkan dapat benar-benar mati. Hal tersebut apabila dicas kembali dapat menciptakan waktu yang usang sehingga menciptakan kinerja baterai yang lebih berat,dan kadang hal tersbut dapat menciptakan baterai benar-benar mati dan tidak dapat digunakan lagi jikalau sebelumnya baterai smartphone tersebut sudah agak lama.
·        Faktor Charger yang tidak tepat
Ini sebetulnya juga termasuk dari kesalahan dari insan itu sendiri,sebab tidak menyesuaikan standar yang telah ditentukan oleh pihak produsen. Berikut kemungkinannya :
Ø     Menggunakan alat pengecas yang tak sesuai
Kadang kita sering menggunakan charger yang bukan kepunyaan dari smartphone itu sendiri, pola : charger dari BB juga dapat digunakan di Smartphone android. Sering dari kita mengabaikan hal ini padahal kita belum tau dengan niscaya berapa standar dari masing-masing chargey arus,tegangan atau daya yang sesuai untuk smartphone kita.
Ø    Menggunakan Charger yang tidak original
Seandainya baterai kita membutuhkan tegangan 3.7 hingga 5 Volt DC dan sekian miliampere untuk pengisian, kemudian kemudian si Charger yang tidak asli memperlihatkan tegangan dan ampere melebihi batas yang di sudah ditentukan bagaimana berdasarkan anda?, mungkin proses ngecas jadi lebih cepat dari yang standar tapi saya yakin baterai akan lebih cepat panas.
Ø   Menggunakan Charger yang telah rusak

·        Faktor kurang hati-hati
Kadang dari kita sering mengabaikan keamanan smartphone kita, sering dari kita bongkas baterai android dengan kurang baik, dan bahkan kadang kita kurang hati hati dalam mengamankannya, ibarat : terjatuh, terhempas,masuk air atau terlindar, Hal tersebut dapat menciptakan baterai konslet,pecah atau bahkan rusak parah.
·        Keliru menghubungkan Charger
kita sering menghubungkan charger ke Smartphone tidak sesuai dengan petunjuk yang benar. Kadang kita tidak memperhatikan hal tersebut padahal juga termasuk fatal, kenapa? Begini, kita sering menghubungkan charger terlebih dahulu ke smartphone sesudah itu gres di hubungkan ke stop kontak atau sumber listrik pada kita tidak menyadarai ada ancaman disana. Taukah anda pada dikala charger dihubungkan ke sumber daya akan ada tegangan kejut dan arus yang besar pada charger atau dapat dinamakan inrush current meskipun sudah dipasang pembatas arus dan tegangan pada rangkaian charger baterai kemungkinan itu akan tetap terjadi, bayangkan jikalau arus yang besar itu masuk ke dalam baterai (silahkan dibayangkan), maka usang kelamaan akan terjadi kerusakan pada baterai. Lakukanlah pengecasan dengan cara menghubungkan charger dengan stop kontak atau sumber daya listrik terlebih dahulu hingga beberapa detik biar tegangan kejut maupun inrush current hingga benar-benar stedy state atau dalam masa keadaan tunak gres arus dan tegangan akan stabil kembali, tidak perlu lama-lama cukup 3 detik hingga 5 detik saja gres kemudian hubungkan cahrger baterai pada baterai yang sebelumnya sudah terhubung pada sumber daya listrik. Dengan begitu kita akan meminimalisir kemungkinan baterai ngedrop ataupun rusak.


 3.   Faktor dari Smartphone
Setingan yang memboroskan baterai :
·        Setingan Dual band, Maksudnya otomatis pilihan WCDMA dan GSM (untuk mengetahui problem ini dapat baca artikel kami “ “
·        Bloetooth,wifi lupa dimatikan
·        Berlama-lama bermain Game,Online atau membuka aplikasi yang berat secara bersamaan dengan waktu yang lama
·        Menyalakan Smartphone nonstop hingga habis baterai.
·        Menyalakan Live Wallpaper, dll
Sebenarnya banyak hal yang dapat menciptakan baterai boros,saya hanya menunjukan bagian-bagian yang umum saja. Sebenarnya poin ini tidak terlalu banyak menghipnotis baterai,tapi perlu diingat jikalau kinerja baterai dengan maximal secara terus-menerus tentu juga dapat menciptakan penurunan kinerja pada baterai.

Adanya kerusakan Pada Smartphone :
·    Terjadinya kerusakan pada belahan penguat antena (PA), ini dapat lantaran karat, putus jalur, atau kerusakan yang lain disekitar ini, biasanya hal ini akan menciptakan terhambatnya koneksi pencarian sinyal atau tersendatnya sinyal yang masuk kedalam smartphone, dan hal ini tentu akan menciptakan kinerja baterai sangat maximal sehingga akan sangat menguras tenaga baterai kita.
·        Gangguan pada charger konektor
Terjadinya gangguan atau kerusakan pada charger konektor juga akan menciptakan kerusakan pada baterai kita. Hal ini dapat terjadi lantaran karat, korosi atau alasannya ialah yang lain, sehingga pengecasan akan menjadi kurang tepat dan kurang optimal.
·   Dan Kerusakan lain  yang dapat mengakibatkan pemakaian baterai yang boros.

Tanda-Tanda Baterai Mulai Ngedrop :
1.   Jika waktu mengecas singkat dan waktu pemakain usang maka baterai tersebut masih prima.
2.   Jika waktu mengecas singkat dan waktu pemakaian yang singkat juga maka baterai tersebut sudah mulai aus/drop.
3.  Jika waktu mengecas usang dan waktu pemakaian juga usang maka baterai kita juga termasuk masih baik ,biasanya ini terjadi pada baterai smartphone yang sudah tua/lama.
4.  Jika waktu mengecas usang dan waktu pemakaian yang singkat maka baterai kita sudah mulai soak,segera ganti dengan baterai baru.


Sumber : Pribadi dan Berbagai macam sumber

Catatan : Bagi yang mau Copas isu mohon tampilkan sumbernya ya ^_^ dan Bagi yang punya catatan atau bahasan yang lebih lengkap dari kami diatas mohon tambahkan dikomentar ya,kritik dan saran membangun akan kami terima dengan baik untuk kemajuan bersama.

________________________________________________________________
Untuk Belanja Online yang kondusif dan cepat, silahkan kunjungi http://www.droidstore-indo.web.id/ atau Follow Twitternya @Droidstore_indo Tersedia Sd card Class 10,Powerbank,Lensa tele,Softcase dan pernak-pernik android.      

0 Response to "Masalah Pada Baterai Smartphone Android"