Shortcut Keys pilihan tampilan Blender :
NUM 1 : Tampilan Depan
NUM 1 : Tampilan Depan
NUM 3 : Tampilan Sisi
NUM 7 : Tampilan Atas
NUM 5 : Tampilan Perspective/Orthographic
CTRL + NUM 1 : Tampilan Belakang
CTRL + NUM 3 : Tampilan sisi lain
CTRL + NUM 7 : Tampilan Bawah
NUM 4/NUM 6 : Tampilan Rotasi dari kiri ke kanan
NUM 2/NUM 8 : Tampilan Rotasi dari Atas ke Bawah
Shortcut Keys yang sering dipakai pada Tutorial ini dan fungsinya:
A : Select all / Deselect all (Memilih)
Shift + D : Duplicate (Duplikat)
E : Extrude region (Memanjangkan)
G : Move (Grab) (Memindahkan/Menggeser)
I : Insert Keyframe sajian (Membuat Permukaan Baru)
P : Separate (Memisahkan Objek)
R : Rotate (Rotasi)
CTRL + R : Loop Cut (Memotong)
S : Scale (Skala)
Tab : ( Berpindah Mode Object / edit Mode)
X : Delete (Menghapus)
Z : Solid / Wireframe ( Mode Kerangka / Bentuk )Langkah langkah
1. Buka Software Blender yang sudah terinstall.
2. Klik di luar kotak Blender 2.7.2. Tekan tombol TAB untuk ke Objek Mode
3. Tekan tombol S (Scale) pada keyboard kemudian tombol Y untuk menciptakan kubus yang telah ada tadi menjadi sebuah balok fungsinya memanjangkan objek ke sumbu Y.
4. Tekan tombol S (Scale) pada keyboard kemudian tombol X untuk menciptakan memanjangkan lebar balok fungsinya memanjangkan objek ke sumbu X.
5. Tekan tombol S (Scale) pada keyboard kemudian tombol Z untuk meninggikan balok fungsinya memanjangkan objek ke sumbu Z.
6. Tekan tombol G (Grab) pada keyboard kemudian tombol Z untuk memindahkan balok tersebut ke atas fungsinya memindahkan Objek memakai sumbu Z sebagai patokan.
7. Pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian Dengan memakai tombol CTRL + R pada keyboard yaitu berfungsi untuk Loop Cut (Memotong) caranya pilih tengah objek sebagai patokan klik kanan dan geser sesuai cita-cita sehingga menyerupai gambar di bawah memakai tampilan CTRL + NUM 7 ( Tampilan Bawah ) yang nantinya akan menjadi kaki meja.
8. Pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian tekan dan tahan tombol Shift kemudian pilih memakai dengan mouse bab yang ingin dijadikan sebagai kaki meja klik kanan pada mouse untuk memilih.
9. Setelah menentukan dengan langkah sebelumnya tekan tombol E untuk Extrude region (Memanjangkan) kemudian geser mouse ke arah bawah untuk menciptakan tinggi kaki meja yang diinginkan.
10. Pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian tekan dan tahan tombol Shift kemudian pilih memakai dengan mouse bab kaki meja sebagai pijakan kaki meja klik kanan pada mouse untuk memilih. Setelah menentukan dengan langkah sebelumnya tekan tombol E untuk Extrude region (Memanjangkan) kemudian geser mouse ke arah bawah untuk menciptakan tinggi kaki meja yang diinginkan.
11. Setelah akibat extrude pijakan kaki meja langkah selanjutya ialah menciptakan lebar pijakan tersebut caranya pilih salah satu pijakan kaki meja Ketik Tombol S di keyboard yaitu berfungsi untuk melebarkan Scale kemudian tekan tombol 2 pada keyboard sebagai ukuran lakukan langkah ini untuk menciptakan 3 pijakan kaki meja selanjutnya sehingga menyerupai gambar di bawah.
12. Pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian Dengan memakai tombol CTRL + R pada keyboard yaitu berfungsi untuk Loop Cut (Memotong) caranya pilih tengah objek sebagai patokan klik kanan dan geser sesuai cita-cita sehingga menyerupai gambar di bawah yang fungsinya menciptakan kerangka untuk laci dari meja.
13. Pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian pilih bab laci yang ingin di duplikat sebagai laci caranya tekan dan tahan tombol shift pilih dengan memakai mouse klik kanan sesudah itu shift D untuk menduplikat sesudah di duplikat langkah selanjutnya ialah dengan menekan tombol G kemudian X semoga permukaan laci maju ke arah depan.
14. Pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian tekan dan tahan tombol Shift kemudian pilih memakai dengan mouse bab laci yang ingin di extrude. Shift dan klik kanan pada mouse untuk memilih. Setelah menentukan tekan tombol E untuk Extrude region (Memanjangkan) kemudian geser mouse ke arah depan untuk menciptakan bab laci.
15. bagian laci yang telah di extrude pada langkah sebelumnya kemudian tekan i untuk Insert Keyframe sajian kemudain kesannya di extrude dengan cara tekan tombol E untuk Extrude region kemudian geser mouse ke arah bawah untuk menciptakan bab dalam laci.
16. Untuk menciptakan daerah laci cara yang dilakukan ialah dengan menentukan permukaan laci pada meja yang ingin dibuat pilih face select pada toolbar yang terdapat di bawah kemudian tekan dan tahan tombol Shift kemudian pilih memakai dengan mouse bab laci yang ingin di extrude ke dalam. Shift dan klik kanan pada mouse untuk memilih. Setelah menentukan tekan tombol E untuk Extrude region kemudian geser mouse ke arah belakang meja untuk menciptakan kerangka laci. Agar lebih gampang dalam melihatnya tekan tombol z ( Mode Kerangka / Bentuk )
17. Langkah selanjutnya yang dilakukan ialah menciptakan pegangan lacinya dengan cara tekan tombol A di keyboard 2 kali untuk Deselect all. Pilih add kemudian cylinder pada toolbar bab kiri bawah sesudah itu tekan S (scale) pada keyboard untuk mengatur ukuran pegangan tersebut. Setelah di Scale kemudian di rotate terhadap sumbu X.
18. Kemudian untuk menciptakan pegangan laci lainnya tidak perlu melaksanakan tahap sebelumnya lagi namun memakai perintah Duplikat. Caranya Shift + D kemudian geser terhadap sumbu Y letakkan di tengah-tengah laci.
19. Langkah selanjutnya yang dilakukan ialah memisahkan objek antara meja dan lacinya semoga hasil pada animasi berjalan baik. Caranya dengan menselect laci caranya dengan menekan tombol B di keyboard kemudian block semua komponen yang ada pada laci tersebut sesudah semua komponen laci telah terpilih tekan tombol P: Separate untuk memisahkan dengan mejanya.
20. Proses selanjutnya ialah menciptakan animasi laci menutup dan membuka. Buat posisi awal dari lacinya caranya pilih pada klik frame 0 kemudian ketik i location
21. pilih pada frame 60 kemudian klik lacinya tekan tombol G pada keyboard untuk Grab (memindahkan) dan tombol X semoga laci berpindah memakai patokan sumbu X geser mouse hingga laci tertutup kemudian ketik i pilih location fungsi ini dipakai untuk animasi menutup laci.
22. pilih pada frame 120 kemudian klik lacinya tekan tombol G pada keyboard untuk Grab (memindahkan) dan tombol X semoga laci berpindah memakai patokan sumbu X geser hingga laci terbuka kemudian ketik i pilih location fungsi ini dipakai untuk animasi membuka laci.
Download Source dalam bentuk .blend Download
0 Response to "Tutorial Sederhana Berguru Animasi 3D Blender Menciptakan Meja"