Latest News

Pengertian Neraka Dan Pintu - Pintu Neraka

Neraka yakni daerah tinggal penuh kesengsaraan yang berada di akhirat. Di dalamnya penuh dengan kobaran api yang bergejolak dahsyat. Bahan bakar neraka yakni insan dan batu.

Neraka di peruntukkan bagi hamba - hamba yang kafir, munafik yang senantiasa berlumur dosa, tidak mau bertobat, hamba yang musryik dan yang mendustakan ayat-ayat Allah, mereka yang malas tidak mau mengerjakan perintah-nya, mereka yang terus menerus mengerjakan kemaksiatan hingga melampaui batas.

Allah mengancam orang-orang kafir dengan hal itu dan menakut-nakuti orang-orang yang sombong, pembangkang, dan durhaka supaya mereka meninggalkan segala yang di larang Allah SWT.

Dalam surat Al-Baqarah, ayat 39 :
"adapun orang-orang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya"

Dan di dalam surat Yunus, ayat 27 :
"Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan-kejahatan menerima tanggapan kejahatan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tiada bagi mereka seorangpun yang melindungi dari (azab) Allah seolah-olah muka mereka ditutupi dengan sebagian malam yang gelap gulita. Mereka itulah penguni neraka, mereka kekal di dalamnya."

"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, bekerjsama mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)." (QS. An Nisa' :10).

"Demikianlah Allah menakut-nakuti hamba-hambanya dengan siksaan itu." (QS. Az Zumar :16)

PINTU - PINTU NERAKA
Seperti yang disebutkan dalam surat Al Hijr, ayat 44 :
"Jahanam itu memiliki tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka."

Dalam sebuah Hadits, disebutkan bahwa Rasullulah SAW pernah bertanya kepada malaikat Jibril as. : "Siapakah orang-orang yang menempati pintu-pintu neraka itu?"

Malaikat Jibril menjawab :
"Pintu yang paling bawah di dalamnya ditempati oleh orang-orang munafik dan orang-orang kafir. Pintu itu berjulukan 'Hawiyah'.

Pintu kedua namanya 'Jahim' yang di dalamnya ditempati orang-orang Musryik.

Pintu ketiga namanya 'Saqar' di dalamnya ditempati orang-orang penyembah berhala.

Pintu keempat namanya 'Ladhaa' di dalamnya ditempati orang-orang majusi dan ditempati iblis dan orang-orang yang menjadi pengikutnya.

Pintu kelima namanya 'Huthamah' di dalamnya ditempati orang-orang Yahudi.

Pintu keenam namanya 'Sa'iir' di dalamnya ditempati oleh orang-orang Nasrani

Pintu ketujuh ditempati orang-orang yang melaksanakan dosa besar dari umatmu yang hingga meninggal dunia belum bertaubat.

Itulah jawaban Malaikat Jibril. Kita sedang hidup di Zaman umat Muhammad, maka di antara kita jikalau melaksanakan dosa besar, segeralah bertobat supaya tidak masuk neraka melalui pintu ketujuh.

0 Response to "Pengertian Neraka Dan Pintu - Pintu Neraka"