Latest News

Caranya Menciptakan Splashscreen Di Android Studio

AndroidRion - Halo Android Developer.

Lama tidak update blog. Kaprikornus hari ini saya Bakal membagikan tutorial Caranya Membuat SplashScreen di Android Studio. Tutorial ini sangat Mudah untuk di pahami alasannya hanya menggunakan beberapa line kode saja di file .java.


Sebelum memulai saya Bakal menjelaskan apa itu Splash Screen. Menurut saya Splash Screen yaitu tampilan pertama atau tampilan pembuka aplikasi. biasanya yg Bakal di tampilkan pada splash screen yaitu Logo aplikasi, Nama aplikasi dan lain-lain yg bekerjasama dengan aplikasi tersebut. Splash Screen sangat sering kita temui pada aplikasi-aplikasi android terpopuler seperti.
GoJek, Twitter, Tokopedia, Trafi, Grab, Tiket.com

Contoh Splash Screen Pada Aplikasi Terpopuler


Oke, Sekarang kita mulai tutorial nya

Caranya Membuat SplashScreen di Android Studio

1. Pertama-tama kita buat Activity gres dengan Caranya klik kanan pada folder app>New>Activity>Empty Activity.


2. Beri nama pada activity gres yg Bakal kita tambahkan. disini saya beri nama Splash_Screen

3. Desain sesuai impian kalian pada file .xml activity yg gres kalian tambahkan. pada tutorial ini saya hanya menambahkan 2 TextView. berikut ini arahan yg saya pakai untuk design splash screen.
4. Masukkan arahan di bawah ini pada file .java yg gres saja kita tambahkan dengan nama yg telah kalian berikan masing-masing.
5. Sekarang Buka file styles.xml pada res>values>styles.xml

6. Tambahkan code di bawah ini pada styles.xml persis mirip gambar langkah nomor 5.
7. Sekarang buka AndroidManifest.xml kalian pada folder app>manifest>AndroidManifest.xml

8. setelah itu, ubah koding di AndroidManifest.xml menjadi mirip gambar di bawah ini.

setelah semua langkah-langkah di lakukan dan tanpa ada error atau duduk kasus satu pun. aplikasi dapat kalian jalankan. Jika sukses maka Bakal terlihat mirip ini.


AKHIR KATA

Itu saja yg dapat saya tampilkan. untuk video tutorialnya Bakal menyusul. terima kasih sudah berkunjung ke blog dan nantikan tutorial-tutorial android lainnya di androidrion.blogspot.com. Salam Koding. :)
[success title="Caranya Membuat SplashScreen di Android Studio" icon="arrow-circle-down"] Google Drive [/success]

0 Response to "Caranya Menciptakan Splashscreen Di Android Studio"