Latest News

Caranya Mengubah Warna Tombol Pada Android Saat Di Klik

androidrion.blogspot.com - Halo para Android Developer.
Lama tidak update tutorial sebab ada skripsi yg Musti di kerjakan. hari ini saya Bakal membagikan tutorial Caranya Mengubah Warna Tombol Pada Android Saat di Klik. Tutorial kali ini sangatlah Mudah untuk di kerjakan. hanya menggunakan koding yg sedikit dan hanya bermain di file .xml.

 Lama tidak update tutorial sebab ada skripsi yg Musti di kerjakan Caranya Mengubah Warna Tombol Pada Android Saat di Klik

Sebelum kita memulai tutorialnya kalian Musti mempersiapkan warna yg Bakal di gunakan. kalian dapat cek di file colors.xml kalian di folder values. Default nya saat kita menciptakan projek gres di Android Studio file colors.xml hanya berisi warna colorPrimary, colorPrimaryDark dan colorAccent. kalian dapat menggunakan warna yg sudah di sediakan oleh Android Studio atau kalian juga dapat menambahkan nya seCaranya manual. Berikut ini ialah instruksi untuk pewarnaan pada Aplikasi Android Studio.

Kalian dapat menentukan warna yg kalian gunakan. kalian cukup copy dan paste pada file colors.xml.

Dalam tutorial, saya menggunakan warna yellow sebagai warna saat di klik dan warna grey sebagai warna default button nya.

Mari kita buat tombol android berubah warna saat di klik.

1. Pertama-tama yg Musti kalian lakukan ialah menciptakan file gres di folder drawable. Yaitu dengan Caranya klik kanan di folder drawable, kemudian pilih new kemudian pilih Drawable resource file. setelah itu kalian beri nama filenya, dapat kalian beri nama dengan button_effect atau color_button atau terserah kalian. Pada tutorial ini saya beri nama file dengan nama button_effect.

2. Lalu dalam file button_effect yg telah kita buat. kita tambahkan instruksi yg ada di bawah ini.
3. Lalu setelah itu cari tombol yg ingin kalian ubah, tambahkan instruksi di bawah ini.
Sekarang Jalankan aplikasi kalian. Jika tidak ada yg error maka alhasil Bakal terlihat mirip gambar di bawah ini.


Kalian dapat melihat gambar di atas, gambar sebelah kiri ialah tombol berwarna kuning sebab saya klik dan gambar sebelah kanan tombol berwarna abu-abu sebab warna defaultnya.


AKHIR KATA

Hanya itu saja yg dapat saya sampaikan pada tutorial Caranya Mengubah Warna Tombol Pada Android Saat di Klik. apabila ada yg kurang paham kalian dapat komentar di bawah, tutorial ini sangatlah Mudah untuk di kerjakan. untuk video tutorialnya mungkin di upload di lain waktu. Terima kasih telah berkunjung di androidrion.blogspot.com. Salam Developer Indonesia.

0 Response to "Caranya Mengubah Warna Tombol Pada Android Saat Di Klik"