Latest News

Caranya Mengatasi Handphone yg Terkena Air Biar Tidak Rusak

Caranya Mengatasi Handphone yg Terkena Air supaya Tidak Rusak Caranya Mengatasi Handphone yg Terkena Air supaya Tidak Rusak
Caranya Mengatasi Smartphone Kemasukkan Air - Smartphone sudah menjadi kebutuhan dasar Saat ini, mempunyai benda dengan segudang fitur ini memang keharusan mengingat fitur yg ada di dalamnya sangat bermacam-macam khususnya untuk menjaga komunikasi dengan kerabat, teman dan juga segala bidang yg terkait.

Smartphone yg sering sekali kita jumpai di pasaran sangat beragam. Terdiri dari aneka macam merk dan juga sistem operasi. Mulai dari merk besar mirip Samsung, Sony, Xiaomi, Asus, Apple hingga aneka macam OS mirip Android dan iOS.

Semakin pesatnya pertumbuhan android tenyata juga berdampak dengan penuruan harga jual, dimana Saat ini dengan budget 1 jutaan saja sudah dapat mendapatkan smartphone dengan kualitas yg jempolan.

Keliru satu duduk masalah yg sering kita jumpai di lapangan ialah smartphone yg rusak terkena air. Penyebabnya sangat bermacam-macam mulai dari smartphone jatuh ke air, lupa Saat berenang hingga terkena hujan Saat sedang dalam perjalanan.

Memang Saat ini smartphone sudah banyak yg di bekali dengan fitur anti air, hanya saja rata-rata smartphone dengan fitur anti air di jual dengan harga tidak mengecewakan tinggi. Seperti contohnya saja Samsung Galaxy S7, Sony Xperia Z Series, Samsung A 2017 Series dan lain sebagainya.

Untuk smartphone dengan mudah harga di bawah 3 jutaan, rata-rata tidak di lengkapi dengan akta anti air. Maka dari itu Saat terkena air Bakal mengalami aneka macam masalah. Beberapa kemungkinan yg tejadi jikalau smartphone terkena air ialah mati total, menyala namun tidak normal, blank (lcd berwarna putih) atau smartphone menyala normal alasannya masih rezeki :)

Jika smartphone sudah mengalami tanda-tanda mirip mati total maka biaya yg di butuhkan tidaklah sedikit. Jika di hitung-hitung lebih baik membeli smartphone baru. Karena pada umumnya smartphone yg sudah terendam di air lambat laun Bakal mengalami aneka macam masalah. Lantas apa solusi terbaik mengatasi smartphone yg terkena air semoga tidak hingga rusak? Berikut ini ulasnnya. 

Tipsnya Mengatasi Handphone Terkena Air


1. Jangan Sampai Menghidupkan Smartphone

Banyak orang yg tidak sabar Saat smartphonenya terkena air, apalagi jikalau Saat terkena air smartphone mati. Maka kita buru-buru untuk menghidupkannya untuk mengecek keadaan smartphone. Padahal Saat keadaan mirip ini rawan sekali terjadi konslet pada kelistrikan yg berakibat fatal pada komponen smartphone. Karena mirip yg kita tahu, air dan listrik sangat tidak bersahabat.

2. Lepaskan Baterai, Memori dan SIM Card

yg seharusnya di lakukan ialah melepas semua yg menempel pada smartphone, mulai dari baterai, memori dan sim card. Selamatkan terlebih dahulu memori anda, alasannya file yg ada di dalamnya sangat berharga. Keringkan memori, baterai dan juga sim card.       

3. Bongkar Bagian Dalam Smartphone

Jika anda ingin smartphone kering dan terbebas dari air maka solusi terbaiknya dengan membongkar smartphone. Lepaskan casing belahan luar, belahan dalam, komponen lain mirip PCB misalnya.

Jika anda kurang berpengalaman dalam membongkar smartphone, maka mintalah proteksi orang yg berpengalaman.

4. Fokus Pada Layar atau LCD

Inilah komponen yg sering sekali rusak Saat terkena Air, maka dari itu setelah berhasil membongkar smartphone, jangan lupa untuk mengeringkan LCD. Hilangkan semua air yg menempel, alasannya jikalau di biarkan di khawatirkan LCD rusak atau minimal muncul flek hitam yg sangat menganggu.

5. Lakukan Pengeringan Total

setelah LCD berhasil di bersihkan selanjutnya lakukan pengeringan total terhadap semua komponen smartphone. yg pertama tentu saja bersihkan dengan kain lembut atau tisu pada setiap komponen, hilangkan semua air hingga tak tersisa.

Lalu keringkan komponen dengan kipas angin, blower, hair drayer atau alat lain yg membantu. Namun untuk komponen mirip PCB Musti hati-hati, jikalau menggunakan hair drayer jangan terlalu dekat semoga tidak merusak komponen PCB.

6. Rendam Dalam Beras

setelah proses penolongan pertama telah usai, selanjutnya rendam semua komponen tersebut dalam beras. Beras sudah terbukti ampuh untuk menyerap kandungan air. Rendam smartphone pada beras dengan durasi waktu 1 hingga 2 hari hingga anda yakin smartphone sudah kering.

Admin sendiri pernah mencoba merendam HP yg jatuh ke dalam air. Admin biarkan HP terendam beras sekitar 1 hari dan alhasil cukup memuaskan, Hp kembali normal mirip sedia kala. Sehingga mengatasi smartphone terkena air dengan meredam ke dalam beras merupakan solusi yg Musti di lakukan.

7. Rakit Smartphone Seperti Semula dan Tes

setelah penantian selama kurang lebih 2 hari, sekarang saatnya mengambil kembali smartphone dari dalam beras dan merakitnya ke bentuk semula. Ingat rakitlah sesuai dengan lokasi sebelumnya, pastikan baut tepasang rapat dan sesuai ukuran. Jangan lupa komponen yg sensitif mirip LCD terpasang dengan tepat.

setelah di rasa semua terpasang dengan benar, sekarang saatnya untuk mengetes smartphone. Hidupkan smartphone mirip biasa. Jika tidak ada duduk masalah berarti smartphone kembali mirip sedia kala. Namun jikalau smartphone masih mati atau mengalami masalah, bawalah ke counter atau service center terdekat untuk mendapatkan penanganan yg lebih profesional.
Baca Juga : Tipsnya Membeli Kartu Memori Untuk Smartphone Android
Itulah beberapa hal yg mungkin dapat di lakukan sebagai pertolongan pertama untuk smartphone, paling tidak dengan melaksanakan hal tersebut, smartphone masih mempunyai keinginan dan tidak rusak. Cukup sekian semoga apa yg kami bagikan bermanfaat, jangan lupa share artikel ini jikalau di rasa bermanfaat, terimakasih sudah menyimak Tipsnya mengatasi smartphone kemasukkan air.

0 Response to "Caranya Mengatasi Handphone yg Terkena Air Biar Tidak Rusak"