Tehnik dan Instrumen evaluasi pada kurikulum 2013
Perubahan kurikulum dari KTSP Ke K13 membuat sebuah perubahan yang sangat besar di antaranya yaitu perubahan tehnik penilaian, Penilaian pada kurikulum 2013 ini yang masih hangat di perbincangkan dan di sosialisasikan oleh menteri pendidikan se indonesia berbeda dengan tehnik evaluasi pada kurikuluk KTSP yang sebelumnya.
Penilaian Pada kurikulum 2013
Tehnik Setrik singkat yaitu sebuah trik, namun trik disini trik yang setrik materi bukan setrik manual, mirip orang menyampaikan “tehnik membuat Blog” Berarti trik membuat blog yang sempurna dn sistematik”, sedangkan maksud instrument disini yaitu sebuah media atau alat untuk menjalankan roda tehnik tersebut. adapun tehnik dan instrument evaluasi dalam kurikulum 2013 ini sangat banyak tergantung tehnik dan instrument evaluasi pada kompetensi apa? Karena di atas sudah kami tulis bahwa ada tiga kompetensi yang harus dinilai yaitu: Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan, Penilaian Kompetensi Keterampilan, dan disini saya belum eksklusif menjelaskan rincian-rincian tehnik tersebut namun terlebih dahulu saya uraikan tehnik evaluasi kurikulum 2013 setrik global.
Penilian dalam kurikulum 2013 ini berbeda dengan evaluasi kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dalam evaluasi Kurikulum 2013 ini meliputi 3 aspek evaluasi yaitu:
Penilian dalam kurikulum 2013 ini berbeda dengan evaluasi kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dalam evaluasi Kurikulum 2013 ini meliputi 3 aspek evaluasi yaitu:
- Penilaian Sikap
- Penilaian Pengetahuan
- Penilaian Keterampilan
Sedangkan dalam evaluasi perilaku itu terbagi menjadi 2 macam yaitu :
- Sikap Spiritual
- Sikap Sosial
Makara Jenis Penilaian tersebut menjadi 4 macam yaitu:
- Penilaian kompetensi Sikap Spiritual dilambangkan dengan Ki1 (Kompetensi Inti 1)
- Penilaian kompetensi Sikap Sosial di lambangkan dengan Ki 2 (Kompetensi inti 2)
- Penilaian Kompetensi Pengetahuan dilambangkan dengan Ki 3 (Kompetensi inti 3) dan
- Penilaian Kompetensi Keterampilan dilambangkan dengan Ki 4 (Kompetensi inti 4)
Anda harus mengingat kode-kode tersebut di atas sebab lambang atau instruksi ini nantinya akan sering anda jumpai pada pembahasan selanjutnya, selain itu juga sebab nantinya pada silabus juga memang di lambangkan dengan instruksi tersebut jadi bila anda tidak hafal instruksi maka anda nantinya akan kerepotan membuat sebuah silabus atau RPP. Mungkin akan lebih baiknya saya bagikan sekalian kode-kode yang ada pada istilah Kurikulum 2013.
Kode-kode yang ada pada evaluasi kurikulum 2013
SKL : Standar Kompetensi Lulusan
KI : Kompetensi Inti
KD : Kompetensi Dasar
Ki1 : Kompetensi Inti 1
Ki2 : Kompetensi Inti 2
Ki3 : Kompetensi Inti 3
Ki 4 : Kompetensi Inti 4
KI : Kompetensi Inti
KD : Kompetensi Dasar
Ki1 : Kompetensi Inti 1
Ki2 : Kompetensi Inti 2
Ki3 : Kompetensi Inti 3
Ki 4 : Kompetensi Inti 4
Demikianlah sekilas wacana Tehnik dan Instrumen Penlaian pada Kurikulum 2013, anda sanggup memahami lebih lanjut wacana kurikulum 2013 ini pada post berikutnya hingga jumpa salam.
0 Response to "Tehnik Dan Instrumen Penilian Pada Kurikulum 2013"