Latest News

Menghubungkan Codeigniter Dengan Database Mysql Xampp


Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp - Pada kali ini saya akan mencoba memberi tahu bagaimana cara Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql berdasarkan saya cara menghubungkanya cukup menciptakan pusing untuk bagi pemula alasannya ialah ada beberapa penambahan syntax dan juga ada perubahan-perubahan pengaturan pada autoload

Tetapi pada artikel ini saya akn mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana cara Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql  akan terlihat gampang dan simple, untuk memulai tahap ini adi wajibkan anda sudah mempersiapkan sebuah database yang telah di buat berserta tabel dan baris dan tentunya memakai Xampp. Seperti saya ini saya kasih pola hanya memiliki 1 database 1 tabel dan 3 kolom yang berisi setidaknya beberapa data, nah untuk melihat langkah-langkahnya silahkan perhatikan di bawah ini:
  1. Kita cari tahu dulu password dan usernamenya dulu databse yang anda punya untuk nantinya kita akan ada perubah pada controller codeigniter untuk mengecek username dan passwordnya masuk http://localhost/phpmyadmin/ dan pilih tab User accounts, maka akan terlihat ada username dan passwordnya untuk mengakses database tersebut jikalau Password kosong atau tidak di isi maka statusnya akan " no ".

  2. Ok sudah kita cek maka kita pribadi saja buka codeigniter yang anda punya silahkan mau memakai notepad atau apapun asalkan yang berdasarkan anda lezat di gunakan saya disini menyarankan sublime.
  3. Ubah sytax file dari database.php yang terletak di application/config/database.php dan sesuaikan disana isi kolom kolom nama database, username dan password yang anda tuju menyerupai gambar dibawah ini saya mencoba mengakses database sekolahh memakai username = root dan password saya tidak isi atau kosong maka biarkan saja atau kosongkan saja selain itu jangan hingga lupa hostnamenya isi dengan localhost .

  4. Usai tahap no 3 kita masih di folder config kini kita masuk ke file autoload.php dan cari " $autoload['libraries'] = array(); " jikalau sudah eketemu maka pada tanda array () kita lakukan perubahan yang awalnya dari " $autoload['libraries'] = array(); " kita ubah menjadi " $autoload['libraries'] = array('database'); " atau dengan kata lain menambahkan " 'database' " ada dalam kurung.

  5. Selanjutnya menciptakan file pada folder application/models, buatlah sebuah file berekstensi .php dan isikan dengan syntax di bawah ini 

    <?php

    defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

    class db_model extends CI_Model {

    public function ambil(){

    }
    dan beri nama file terserah anda dan yang paling penting harus di ingat nama file harus sama dengan nama classnya coba perhatikan gambar dibawah ini saya menamakan file tersebut db_model dan save di dalam folder models dengan berekstensi .php berarti menjadi db_model.php

  6. Untuk memulai pemanggilan dari nama tabel mana yang akan kita select atau pilih dari database kita di wajibkan menambahkan sebuah syntax pemangggilnya dengan format return " $this->db->get('nama_tabel'); " saya kasih contoh, saya memiliki tabel dari database dengan nama tabel tersebut "spp" berarti menjadi  $this->db->get("spp"); " dan sytax tersebut sempurna di letakan di dalam syntax class tersebut menyerupai gambar dibawah ini dan jikalau sudah maka save saja atau biasanya dengan ctrl+s

  7. Jika sudah melewati tahap ke 6 itu artinya sudah menciptakan model lanjut ke controller kita akan menambahkan sebuah function yang nantinya akan kita sambungkan ke model, jikalau anda tidak tau file controller itu gunanya untuk apa silahkan pelajari terdahulu Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter. Fokus ke controller terlebih dahulu di controller kita tambahkan function construct sempurna dibawah class Welcome menyerupai gambar dibawah ini.

  8. Pada public function construct kita wajib menambahkan " $this->load->model('nama_file_di_model'); " dan di public function index kita tambahkan juga " $variable_di_model ['variable_untuk_html'] = $this->db_model->ambil()->result(); " serta tambahkan "$this->load->view('home', $variable_di_model);". Cukup pusing memang tapi coba perhatikan gambar dibawah ini saya akan menunjunkan dibagian mana saja yang kita samakan, pada gambar dibawah ini saya memiliki variable $spp pada file model dan memberi variable "user" pada controller untuk nantinya penempatan di html.
    Ingat sesuaikan dengan nama variable yang anda buat atau anda inginkan silahkan berteliti dengan baik memperhatikan gambar diatas, jikalau sudah memastikan sudah benar save atau simpan saja controllernya.


  9. Hampir simpulan lanjut kita ke file tampilan yang terletak di dalam folder view pilih file atau tampilan data dari database yang ingin anda tampilkan saya kasih pola saya akan menampilkan pada halaman awal controller saya yaitu dengan nama file home.php dan maka dari itu saya hanya mengedit file home.php. Untuk menampilkanya kita membutuhkan syntax php dan mengapit html dengan format:
    <?php foreach($user as $a){ ?>
    --------Coding HTML-----------

    <?php } ?>

  10. Melanjutkan klarifikasi no 9 maksud dari syntax php yang mengapit html tapi kita menambahkan syntax php juga pada tag html yang ingin anda tampilkan maksudnya ialah syntax php tersebut bertugas untuk dapat dikatakan mengelompokan variable dari mana hingga mana variable dari controller yang akan dipakai pada coding html. Pada " <?php foreach($user as $a){ ?> " kita mengubah variable lagi dari awalnya $user menjadi $a untuk lebih gampang di ingat tetapi dan ingat sesuaikan saja variable $user dengan variable yang ada di controller, jadi peraturanya dapat dikatakan ketika pindah ke html maka ganti lagi variablenya.
    Gimana pusing penjelasanya?, coba perhatikan gambar dibawah ini saya memiliki sebuah database dengan nama tabel spp dan memiliki nama kolom nis, nama dan tanggal_lhr jadi di setiap tag <td> saya menambahkan " <?php echo $a->nama_kolom_yang_ingin_di_tampilkan ?> "
    atau lebih jelasnya menyerupai gambar yang satu ini coba perhatikan dengan baik-baik dengan pelan pelann


  11. Saya ingatkan kembali pada tahap menampilkan ini yang paling harus di ingat ialah penggunaan variable dari controller yang harus sempurna atau sama antara controller dengan di html kalau tidak sama dapat menyebabkan error, saya kasih pola saya memiliki variable "user" di controller dan maka dari itu di html pun dengan variable $user dan mengubahnya menajdi variable $a pada dikala mau menampilkan ke bentuk html, menyerupai gambar dibawah ini

  12. Jika sudah memastikan variable benar dan merasa yakin sudah sama apa yang saya paparkan pada artike ini silahkan coba run di browser dan tentunya page mana yang anda akan tampilkan, menyerupai saya ini akan menampilkan di halaman awal codeingniter maka dengan mengunjungi atau mengetik di di address kafetaria dengan format "http://localhost/ci/" jikalau benar maka browser anda akan menampilkanya menyerupai saya ini.

Cukup sekian tutorial pada artikel ini jikalau ada pertanyaan dan kebingungan gagal silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini, jangan mengalah bila gagal atau error mulu namanya juga belajar. Untuk yang sudah berkunjung terima kasih sudah mau berkunjung dan janagn bosan bosan berkunjung lagi lain waktu dam anda jikalau berkenan mau berdonasi pada blog sederhana saya ini silahkan mengklik iklan hanya dengan 1x klik pada 1 iklan saja dan jangan banyak banyak dan saya ucapkan salam sukses.

0 Response to "Menghubungkan Codeigniter Dengan Database Mysql Xampp"