Latest News

Cara Menciptakan Database Di Xampp Dengan Mudah

Cara Membuat Database di Xampp dengan Praktis - Secara singkat atau berdasarkan saya pribadi xampp dapat dikatakan adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket,yaitu Apache,MySQL,dan PHPMyAdmin. Xampp sendiri mempunyai kegunaan untuk menyimpan database secara localhost yang lain artinya hanya berada atau di saluran oleh komputer itu saja dan tidak bersifat online.

Dan dapat dikatakan sebagai perangkat untuk berlatih menciptakan database atau berekperimen dalam menciptakan sebuah project sebagai server untuk menyimpan data-data penting yang nantinya akan di tampilkan ke sebuah web atau aplikasi lainya.

Pada artikel ini saya akan menyebarkan tutorial Cara Membuat Database di Xampp caranya cukup simple dan gampang dan hanya sedikit berbeda dengan Membuat Database dan Relasi di Microsoft Acces, tetapi mungkin disini masih ada saja yang kebingungan bagaimana Cara Membuat Database di Xampp?. Untuk mempersingkat waktu mari kita perhatikan tahap-tahapnya dibawah ini:
  1. Point pertama yang harus di perhatikan ialah pastikan anda sudah menginstall terlebih dahulu Xampp pada komputer, laptop atau PC anda silahkan cek di Local Drive (c) dan cek apakah ada folder xampp, kalau ada maka ,lanjutkan tahap kedua.
  2. Tahap ini ialah kita mari aktifkan terlebih dahulu Xamppnya, caranya cukup gampang buka Xamppnya dan hidupkan apache dengan cara klik start pada tombol sebelah kanan sampai tombol tersebut menjadi caption stop, begitupun sama klik start  juga pada MySQL dan pastika tombolnya sudah mengganti captionya menjadi stop.

  3. Jika sudah mengaktifkan menyerupai langkah no 2, kemudian kita buka Browser terseah amau Mozila Firefox ataupun Google Crome asalkan jangan Internet Explorer takut tidak maksimal pada dikala membuka phpmyadmin.
  4. Setelah membuka atau menjalankan Browser pada PC anda ketikan pada address kafetaria Browser tersebut " http://localhost/phpmyadmin/ " dan tunggu beberapa detik sampai memunculkan dashboard phpmyadmin menyerupai pada gambar dibawah ini, kalau tidak/berbeda hasil tampilan dari Browsernya berarti salah dalam mengetikan linknya.

  5. Lanjut ke tahap pembuatan databasenya, pada dashboard phpmyadmin klik new pada bab di sebelah kiri. 
    Dan tunggu beberapa detik sampai memunculkan tampilan gres menyerupai gambar dibawah ini, pada textbox Database Name kita isikan nama Database yang akan kita buat jadi terserah kalian saja sebagai teladan ini saya akan menciptakan Database sekolah maka saya akan menamakan databasenya sekolah dan kalau sudah terisi eksklusif saja klik cretate untuk membuatnya.

  6. Tunggu beberapa detik lagi sampai benar-benar tersimpan nama databasenya, kalau sudah tersimpan phpmyadmin akan menyuruh kita unuk menciptakan sebuah tabel silahkan berinama tabel yang adan butuhkan atau inginkan dengan cara mengisikan text pada textbox name.

    Saya kasih teladan lagi saya memperlihatkan nama tabel dengan nama spp menyerupai gambar dibawah ini yang saya kasih tanda panah, dan jangan lupa untuk mengisikan berapa kolom yang anda inginkan, untuk mengisikan berapa kolom yang dibuthkan ketikan saja pada bab textbox number of colums dan ketikan jumlah berapa kolom yang di inginkan. Jika sudah memberi nama tabel klik saja Go dibagian sebelah kiri dan secara otomatis akan tersimpan nama tabel tersebut.

  7. Dan isikan nama-nama kolom yang di inginkan menyerupai pada gambar ini, dan jangan lupa pula mengisikan Type, Length/Values.

    Saya kasih misalnya nis merupakan angka jadi pilihlah INT, nama merupakan text jadi isikan Varchar sedangkan tanggal lahir maka isikan Date dan isikan Length/Values dengan angka 255 sebagai jumlah aksara maksimalnya. Untuk menambahkan jumlah kolom perhatikan diatas ada textbox ketikan jumlah kolom yang ingin ditambah dan klik Go.


  8. Perhatikan satu-satu nama kolom apakah sudah benar dalam penulisan atau pengisianya dan kalau sudah benar dan tamat scroll kebawah klik saja save yang berada paling bawah, menyerupai yang saya tandai warna merah pada gambar dibawah ini.

  9. Jika sudah menyimpanya phpmyadmin akan menampilkan tampilan baru, menampilkan hasil pengaturan nama-nama kolom menyerupai pada gambar dibawah ini merupakan hasil yang saya buat.

  10. Nah lakukan pembuatan tabel gres dengan apa yang adan inginkan atau butuhkan dengan cara klik new pada sebelah kiri 
  11. Untuk melihat berapa tabel yanga anda telah buat klik saja nama databasenya maka anda akan melihat jumlah tabel yang telah anda buat pada database tersebut.

Jadi bagaimana sudah mengerti atau belum?, nah begitulah Cara Membuat Database di Xampp secara simplenya, menyerupai yangsaya katakan cukup mudal yang perlu diperhatikan hanya ketelitian dalam penulisan menciptakan tabel.

Cukup sekian tutorial kali ini saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung ke blog sederhana saya ini dan jangan lupa untuk berkunjung balik, untuk berdonasi menegmbangkan blog ini biar lebih maju silahkan klik iklan 1x saja cukup pada blog ini dan saya ucapkan salam sukses.

0 Response to "Cara Menciptakan Database Di Xampp Dengan Mudah"