Latest News

Cara Mengisntall Codeigniter Di Xampp Dengan Gampang


CodeIgniter bagi saya merupakan sebuah Framework pemegroramman Web khususnya PHP mempunyai kegunaan untuk mempermudah dalam membangun sebuah Website dan hanya menjalan perintah perintah dalam penggaturan dalam Framework itu sendiri.

Salah satu yang membingungkanya adlah mungkin bahasa PHP yang biasa pada umumnya tidak berlaku pada Framework ini melainkan tidak menggunaknya, pertama kali saya menggunakanya berpikir memakai Framework ini terlihat membingungkan dan malah lebih sulit, tetapi sesudah saya menggunakanya usang kelamaan memang akan terasa mempermudah kinerja saya dalam membangun sebuah website, tetapi untuk pemula pada awalnya menyerupai saya waktu itu kebingungan tak tahu bagaimana Cara Mengisntall CogeIniter.

Beruntung dapat dikatakan saya sudah sedikit paham bagaimana  Cara Mengisntall CogeIniter di Xampp, bagi kalian database memakai Xampp dan kebingunggan bagaimana Cara Mengisntall CogeIniter di Xampp saya akan memperlihatkan bagaimana langkah langkahnya tolong-menolong cukup gampang hanya menyerupai memanggil sebuah path file dalam folder file explorer, untuk lebih jelasnya silahkan simak tahap tahapnya di bawah ini:

  1.  Hal pertama yang harus dilakukan yaitu tentunya harus mempunyai dulu folder Framework CodeIgniternya dulu, kalau belum punya silahkan download di situs resminya disini, kalau sudah berkunjung ke halaman awal silahkan pilih atau klik download, biasanya akan ada update versi CodeIgniter untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

  2. Tunggu beberapa menit hinggal selesai download, usang downloadnya tergantung dari size atau ukuran file Framework CodeIgniter itu sendiri setiap versinya berbeda.
  3. Jika sudah mendownload Frameworknya maka kita lihat dulu frameworknya, coba cari filenya di file explorer di folder download atau dimana letak direktory penyimpanan downloadnya asalkan kita buka saja terlebih dahulu Frameworknya biasanya pertama kali download akan berekstensi rar atau zip, buka file zip nya menyerupai gambar dibawah ini.

  4. Sekarang kita tinggal ke folder htdocs yang berada di installan xammpnya, untuk folder htdocs sendiri sendiri bisanya ada di directory C:\xampp\htdocs atau lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini merupakan directory atau path htdocs. Tetapi silahkan sesuaikan saja directory penginstallan xamppnya kalau saya ini penyimpanan default pada windows 7 32 bit.

  5. Buka lagi tadi file zip framework yang telah di dowload pada step no 2, kemudian drag ke directoy htdocsnya (kalau saya di C:\xampp\htdocs) pastikan folder Framework CodeIgniternya berada di folder htdocs, dengan lebih jelasnya asalkan folder Frameworknya tersimpan di dalam folder htdocs.

  6. Nah kalau sudah tersimpan betul di dalam folder htdocs silahkan buka browser mau apa saja terserah yang saya recommendasikan yaitu Google Crome atau Mozila Firefox alasannya yaitu saya lebih suka 2 browser tersebut. tetapi silahkan apa saja sesuai keinginan.
  7. Ketikan di addressbar " localhost/nama foler Frameworknya " maksud dari nama foler Frameworknya adalah nama folder Framework yang tersimpan di htdocs sebagai pola saya membiarkan nama default Framework CodeIgniter yang saya download yaitu CodeIgniter-3.1.4 maka penulisan di address kafe yaitu "localhost/CodeIgniter-3.1.4 " kalau kurang mengerti atau kurang paham juga silahkan perhatikan gambar dibawah yang saya tandai.

  8. Jika sudah maka tekan enter saja maka akan muncul page atau halaman Welcome dari sebuah Framework CodeIgniter menyerupai gambar dibawah ini.
  9. Nah sebernarnya kita padatahap no 8 saja berhasl menginstallnya Framework CodeIgniter pada xampp tetapi untuk mempermudah pengguna Framework ini kita diijinkan merubah nama folder Frameworknya menyerupai saya akan meribah nama dari asalnya  "CodeIgniter-3.1.4" menjadi nama saya sendiri yaitu "Firman" asalkan pada ketika pemanggilanya pada browser harus nama itu maka pada address kafe browsernya menjadi "localhost/CodeIgniter-3.1.4/Firman" menyerupai gambar dibawah ini.

Bagaimana gampang bukan?, kalau masih pusing pemanggilan atau apa silahkan berkomentar dibawah atau hubungi saya melalui email dimenu navigasi Contact Us, untuk mengakhiri artikel ini saya berterima kasih untuk yang sudah mau berkunjung membaca artikel ini dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu jangan bosan-bosan dan saya ucapkan selamat malam salam sukses.


0 Response to "Cara Mengisntall Codeigniter Di Xampp Dengan Gampang"