Latest News

Penjelasan Komputer Untuk Mengakses Internet


Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet - Perangkat keras untuk mengakses internet meliputi:

Komputer
Istilah komputer mempunyai arti luas dan berbeda bagis etiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau recton).
  • Processor
    Processor merupakan perangkat utama komputer yang mengelola seluruh kegiatan skomputer itu sendiri. Processor terdiri dari dua bab utama yaitu control unit (CU) dan arithmatic logic (ALU). Control unit merupakan komponen utama processor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device hingga output device. Arithmatic logic unit merupakan bab daro processor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah dan mengurangi) serta data logika (perbandingan).

    Standar processor minimun yakni pentium 133 MHz.Kecepatan kinerja processor dipengaruhi oleh besar kecilnya frekuensi processor tersebut. Semakin besar maka semakin cepat processornya. Misal pentium IV 1,83 GHz lebih lambat bila dibanding dengan Pentium IV 2,4 GHz.

    Perkembangan tipe processor intel:
    - XT 8086 - 8088
    - AT 286, AT 386, AT 486
    - Pentium I : AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz.
    - Pentium II: 266 Mhz, 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz.
    - Pentium II: 500 Mhz, 550Mhz, 600 Mhz, 650 Mhz, 700 Mhz.
    - Dan generasi terbaru kini Pentium IV, Pentium IV dual core, Core i3, Core i5 dan Core i7.

    Pangsa pasar yang menggiurkan untuk teknologi Komputer di Indonesia menjadikan processor yang ada di Pasar tidak hanya produk Intel Co. tetapi perusahaan lain ibarat AMD (Advanced Micro Device) serta Cyrix juga mengeluarkan beberapa jenis Processor yang berusaha mengimbangi produk - produk dari Intel

    Produk-produk dari AMD antara lain: AMD K-5, AMD K-6, AMD K6-2, AMD K6-3, AMD K-7, AMD Duron, AMD Athlon, dan AMD Phenom. 
  • Memory
    Memory atau biasa dikenal RAM (Random Access Memory) digunakan untuk menyimpan masukan data dan perintah yang bersifat sementara. Kecepatan proses data pada komputer bergantung pada besarnya kapasitas dan kecepatan memory dalam menyimpan mendistribusikan data. Sehingga besar kecilnya kapasitas memory mempengaruhi kecepatan kinerja komputer.

    RAM mempunyai sifat sanggup membaca dan menulis/menyimpan data acara (Read and Write), Data RAM berubah-ubah sesuai dengan acara yang dijalankan. Dalam keinerja RAM harus beradadalam keadaan on. Sehingga data yang tersimpan dalam RAM akan hilang bila pemikiran listrik ditiadakan (keadaan mati). Sebuah PC sanggup mengakses internet bila mempunyai kapasitas RAM minimal 16MB. 
  • Hard disk
    Hardisk berfungsi sebgai media menyimpan sistem, maka dalam memilih hardisk hendaknya diteliti dengan seksama. Hampir semua memori eksternal yang banyak digunakan belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga opearsi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal, satuan rotasi piringan yang disebut RPM ( Rotation Per Minute). Makin cepat perputaan, waktu aksespun semakin cepat, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panasa yang dihasilkan.

    Alat baca pada hardisk disebut dengan head. Setiap head dibagi menjadi lingkaran-lingkaran kosentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari seluruh head yang ada disebut cylinder. Suatu track dibagi lagio menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.

    Hardisk mempunyai komponen-komponen: piringan logam (platter), head, rangakian elektronik, rangkaian penguat, DSP (digital signal processor), chip memory, konektor, spindle, dan actuator dan actuator arm motor controller.
  • Monitor
    Monitor yakni salah satu jenis soft-copy device, alasannya yakni keluarnya yakni berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil yakni hasil pemrosesan data ataupun info masukan. Monitor mempunyai banyak sekali ukuran layar ibarat layaknya sebuah televisi. Tiap brand dan ukuran monitor mempunyai tingkat resolusi yang berbeda.Resolusi inilah yang memilih ketajaman gambar yang sanggup ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor ketika ini suah sangat beragam, mulai bentuk yang besar dangan layar cembung, hingga dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

    Sesuai dengan resolusinya monitor sanggup dibedakan menjadi berikut:
    1. CGA (Color Grapics Adapter)
      Salah satu tipe monitor, yaitu standar IBM untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya sanggup menampilkan 4 warna.
    2. EGA (Enhanced Grapics Adapter)
      Salah satu standard resolusi monitor, EGA bisa menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card CGA bisa menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350 titik. Perkembangan dari jenis EGA di antaranya yakni ATI Technologi Inc dengan card berjulukan EGA WONDER, sanggup menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih menggunakan konektor monitopr yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX  menegluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics Adapter), bisa menampilkan 649 x 480 titik (dot) dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar (pallete). EPGA dan diesbut juga PEGA (Proffesional Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Proffesional Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43 huruf pada multi frekuensi atau Ultra sync, dan fleksibilitas yang sanggup menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.
    3. VGA (Video Graphics Adapater)
      Monitor jenis ini mempunyai resolusi maksimum sebesar 800 x 600. Perbedaan antara EGA dna VGA yakni cara menampilkan pixel. Pixel (Picture Element) merupakan elemen kecil gambaran digital yang bisa dilihat mata. Sensor gambaran secara fisik (dua dimensi) dibentuk dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, bagi monitor atau display komputer. Makin banyak jumlah pixel dalam citra, makin besar resolusi spatial gambaran tersebut.

      Pixel EGA/CGA ditampilkan secara pribadi sebagai hasil dari tembakan genenrator adapter. Sedangkan VGA, pixel sebelumnya ditembakan diolah dulu pada memori khusus yaitu VGA card sehingga ketajamanya sanggup diatur. VGA bisa menampilkan 128-254 warna.
    4. Super VGA
      Monitor SVGA mempunyai resolusi tertinggi yaitu 1024 x 768 dan sanggup menampilkan warna mencapai 65000 warna termasuk warna perak dan emas.
  • Modem (modulator demodulator)
    Modem digunakan untuk merubah data dari bentul digital ke bentuk analog dan sebaliknya. Kecepatan modem minimal yakni 28800 bps. Jenis-jenis modem yakni sebagai berikut:

    1. modem eksternal
      modem eksternal merupakan modem yang terletak di luar unit komputer. Dengan modem ini komputer sanggup terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kelebihan dari modem eksternal yakni ketika tetapkan koneksi internet tidak perlu mematikan komputer tetapi cukup mematikan modemnya saja.

      Modem eksternal sanggup terhubung ke CPU melalui port COM atau USB. Keunggulan lain dari modem eksternal yakni portabilitas, sehingga sanggup berpindah-pindah ke komputer lain. Dengan menggunakan modem ekstenla tidak membutuhkan slot ekspansi, sehingga bisa digunakan untuk keperluan lainya. Harga modem eksternal relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan modem internal.
    2. modem internal
      modem internal terpasang pribadi di dalam CPU. Modem internal berwujud card yang tertancap pada salah satu slot ekstensi pada mainboard, contohnya slot PCI atau ISA. Keuntungan penggunaan modem internal yakni llebih hemat kareana harganya lebih murah dari pada modem eksternal. Modem ini juga tidak membuthkan tempat yang banyak alasannya yakni terpasang di dalam komputer. Kelemahan dari modem internal yakni tidak adanya lampu indikator, sehingga lebih sulit mendeteksi statusnya meskipun dpat diamati melalui software.  

0 Response to "Penjelasan Komputer Untuk Mengakses Internet"