Latest News

Cara Menciptakan Database Dan Korelasi Di Microsoft Acces Dengan Mudah


Cara menciptakan korelasi memang memang agak pusing atau amalh kebingungan juga untuk yang gres mendengarnya tetapi pada artikel ini saya akn mencoaba memandu bagaimana cara menciptakan database dan korelasi memakai Microsoft Acces 2007, saya pandu dibawah ini hanya kepingan dasarnya saja silahkan anda dapat kembangkan kembali dengan bebrapa primary key lebih dari satu atau silahkan kembali dengan embel-embel tambahan kolom.


Untuk membuatnya tanpa ribet mari simak ulasanya dibawah ini silahkan:

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu kita emembuat databsenya dulu ibarat biasa melalui klik Start kemudian pilih Microsoft Office dan pilih Microsoft Acces atau yang lebih simplenya dengan cara klik start dan krtikan "Microsoft Acces".
  2. Pada tahap selanjutnya usai membuka Microsoft Acces Kita mewajibkan memebri nama untuk file tersebut sebagai misalnya saya menawarkan nama file tersebut db_percobaan ibarat gambar dibawah ini, kalau mau sama juga silahkan. Jika sudah memberi nama klik saja Create

  3. Karena kita menciptakan file database yang blank maka tampilan pun benar benar blank kosong tanpa ada kata sepatahpun, nah untuk menambahkan kolom untuk kategori ibarat NIM, Nama Siswa dan lain lain.
  4. Tahap selanjutnya kita praktekan pembuatan kolomnya dikala databsase masih blank, kita tambahkan dulu nama nama kolomnya ibarat tahap no 3 yang saya sebutkan, pilih view pada sebelah kiri atas dan akan muncul sebuah box dan berisi sebuah text input, text input tersebut untuk memberi nama tabel tersebut, sebagai pola saya menamai daftar_siswa. Jika sudah memberi nama klik saja ok.

  5. Untuk tahap selanjutnya usai klik ok, kita diarahkan kembali untuk membrikan nama nama kolom ibarat NIS, Nama, Kelas, Tempat lahir dan Tanggal lahir, untuk NIS saya data typenya saya kasih auto number jadi nantinya akan memberi nomor otomatis atau silahkan juga dapat dengan pilih number, untuk Nama saya kasih type text, untuk kelas text, daerah lahir text juga dan yang terakhir tanggal lahir saya kasih date sebab ini bersifat tanggal, kalau kurang paham lihat gambar dibawah ini 

  6. Jika sudah selesai tinggal klik view yang berada di atas kanan, dan bila ada muncul box notification konfirmasi penyimpanan nama tabel klik saja ok untuk menyimpanya

  7. Sudah disimpan kita akan dialihkan kembali ke tampilan awal database, disitu akan muncul beberapa kolom yang telah dibentuk tadi ibarat gambar dibawah ini, oh iya silahkan juga atur size atau ukuran lebar lebar tabelnya sesuai impian anda.

  8. pembuatan kolom sudah, kita isi dulu dengan data data yang anda inginkan isilah dengan sesuai data typenya NIS dengan number, Nama dengan text, Kelas text, Tempat lahir text juga dan yang terakhir Tanggal lahir date, atur atur saja atau mengarang seilahkan, saya kasih pola ibarat gamnbar dibawah ini. Saya kasih pola 3 dulu saja.

  9. Setidaknya kita membutuhkan 2 tabel untuk menciptakan sebuah relasi, silahkan buat kembali tabel dengan cara klik pilihan create pada hidangan paling atas dan klik table pada pilihan selnajutnya yang berada di sebelah kanan atas, saya kaish tanda pada gambar dibawah biar jelas.

  10. Sama halnya dengan tahap no 4 sampai selesai no 8, tetapi silahkan bedakan nama tabelnya, misalkan tabel pertama itu daftar_siswa nah untuk tabel keduanya eskul_pramuka sebagai contohnya, nantinya kita buat daftar nama nama siswa yang ikut eskul pramuka.

  11. Isi juga dengan NIS, Nama (kalau tidak pake juga gak apa-apa) dan Keterangan sebagai pola silahkan sesuakan seprti tambah nilau atau apa tapi ini saya hanya sebagai misalnya biar lebih jelasnya silahkan lihat gambar misalnya dibawah ini, sama halnya dengan tabel sebelumnya NIS type data  auto number, Nama type datanya text, dan keterangan text juga.

  12. Sama kembali dengan pembuatan tabel sebelumnya kita akan diperintahkan untuk menyimpan tabelnya klik ok juga untuk menyimpanya.
  13. Usai menyimpanya kita menampilkan sebuah perintah untuk memasukan data datanya, sebab kita akan menciptakan sebuah korelasi oleh sebab itu kita kosongkan saja dan pilih saja Database Tool dan pilih Relationships.

  14. Nah kita sudah masuk ke hidangan korelasi atau relationships kita tinggal klik dua kali saja pada nama tabel yang ingin direlasikan asalkan jangan double terbukanya takut nantinya kebingungan, bila sudah close saja perintah untuk menampilkan tabelnya.

  15. Sesudah close, tinggal drag saja kolomnya.. oh iya Relasi atau Relationship 1 hal yang harus diingat bahwa memerlukan yang namnya PK atau Primary key nah untuk itu tujuan saya menciptakan NIS yaitu untuk atau semoga tidak sama data data dengan yang lain.
    Untuk melaksanakan  Relasi di dibutuhkan dengan kolom yang sama dan nomor unik ibarat saya ini antar NIS dan NIS silahkan darag antar tabel daftar_siswa kolom NIS drag ke tabel sebelahnya yaitu eskul_pramuka kolom NIS juga, kesudahannya ibarat dibawah ini tampilanya akan ibarat diabwah ini bila sudah klik saja create.

  16. Ketika kita sudah memberi relasi, biasanya kita akan melihat sebuah tali hitam atara penghubung kolom yang berbeda tabel ibarat dibawah ini 
  17. Nah, done selesai tolong-menolong menciptakan korelasi antara tabel, untuk memastikanya silahkan save terlebuh dahulu dengan Ctrl+S dan kembali ke tabel daftar_siswa tabel tersebut akan berubah dan akan memunculkan sbeuah tabel embel-embel yang berisi dari tabel eskul_pramuka bila kita klik tanda + pada kepingan kiri border tabel, ibarat dibawah ini.

  18. nah silahkan isi saja tabel anak atau tabel pada tabel daftar_siswa tersebut dengan keterangan eskul, ketika kita menginput pada anak tabel tersebut kita juga secara otomatis akan mengisi tabel eskul_pramuka, begitupun sebaliknya.
Nah bagaimana gampang atau malah ribet atau bingung, bila kebingungan silahkan berkomentar diabwah atau hubungi saya melalui email melalui hidangan navmar Contact Us. Untuk mengakhiri artikel atau postingan ini saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan bosan untuk berkunjung lagi . Semoga postingan ini bermanfaat bagi si pembaca dan ucapkan terima kasih.



0 Response to "Cara Menciptakan Database Dan Korelasi Di Microsoft Acces Dengan Mudah"