Latest News

Cara Menghilangkan Index.Php Pada Codeigniter


Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter - Pada artikel ini saya akan melanjutkan membahasa mengenai Framework CodeIgniter sehabis sebelumnya membahas Cara Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter dan saya kembali akan membagi tutorial Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter. Untuk memahami dari postingan ini saya harap anda melihat terdahulu supaya postingan Cara Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter.

Menghilangkan index.php jadi yang awalnya "http://localhost/ci/index.php/welcome" ingin menjadi "http://localhost/ci/welcome", tetapi malah error. Tujuan menghilangkanya yakni bermaksud untuk memperpendek panggilan controller supaya lebih gampang dan cepat tentunya, nah bagi yang ingin tahu atau ingin tau bagaima cara menggantinya silahkan baca baik-baik tahap-tahapnya di bawah ini:

  1. Kita pastikan terlebih dahulu dengan memanggil atau mengetik di address browser dengan format "http://localhost/namacontroller/welcome" dan enter atau kunjungi alamat tersebut. Lalu tampilanya akan erro jikalau belum anda apa-apakan controllernya menyerupai gambar dibawah ini.

  2. Pada tahap pertama ya memang error, pada tahap kedua ini mari kita edit frameworknya. Untuk merubah atau menghilangkan index.php kita di haruskan terlebih dahulu buka file config.php yang terletak di C:\xampp\htdocs\ci\application\config/config.php , nah yang file config.php nya kita buka dengan aplikasi atau softaware pendukung ekstensi .php. Jika sudah dibuka tampilanya akan menyerupai dibawah ini.


  3. Laku kita cari " $config['index_page'] = 'index.php'; " kemudian hilangkan index.php dan sepatutnya menjadi " $config['index_page'] = ''; " coba perhatikan gambar dibawah ini.

  4. Jika sudah di hilangkan index.php pada file config.php kemudian simpan atau save saja file tersebut tak perlu ganti nama file hanya simpan saja. Jika sudah di simpan atau save selanjutnya kita run dengan mengetikan "http://localhost/namacontroller/welcome" jikalau masih error berarti kita harus menambahkan sebuah file htaccess.
  5. Untuk menambahkan htaccess kita akan membuatnya dengan cara menciptakan file gres berjulukan .htaccess tanpa berekstensi dan isikan dengan text:
    <IfModule mod_rewrite.c> 
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -f [OR]
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -d
    RewriteRule ^(.+) - [PT,L]
    RewriteRule ^$ index.php [L]
    RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
    </IfModule> 
    Untuk lebih pastinya menyerupai gambar dibawah ini
  6. Jika sudah menyerupai gambar pada tahap no 5, save saja dengan nama file ".htaccess" dan tidak perlu menunjukkan ekstensi apapun simpan di directory C:\xampp\htdocs\ci, seperti gambar dibawah ini

  7. Jika sudah di simpan .htaccessnya coba run di address kafetaria browser sekang dengan format "http://localhost/ci/welcome" maka seharusnya sudah berhasil menyerupai gambar dibawah ini.
    Apabila masih saja tidak bisa, coba perhatikan baik-baik penyimpanan htaccessnya atau penulisan syntax htaccesnya dan juga tentunya file config.phpnya sudah benar atau belum.


Cukup sekian kali ini mengenai Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter , untuk melanjutkan tutorial lainya silahkan kunjungi lain waktu lagi ke blog saya ini, jikalau ada pertanyaan silahkan bertanya jangan sungkan-sungkan dan berkunjuglah lain waktu dan tamat kata saya ucapkan salam sukses.

0 Response to "Cara Menghilangkan Index.Php Pada Codeigniter"