Latest News

Penjelasan Konsep Internet Dan Dari Aneka Macam Aspek


Penjelasan Konsep Internet - Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang mneghubungkan situs akakdemik, pemerintah, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan jalan masuk untuk jalan masuk untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya warta untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan Internet mencakup komunikasi pribadi (email, chat), diskusi (Usenet news, email, mili), sumber daya warta dan distribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan kemudian lintas file (Telnet, FTP). dan aneka layanan lainya.

Komputer yang dilengkapi akomodasi Internet, pribadi sanggup berintraksi satu dengan yang lainya tanpa dibatasi wilayah atau daerah komputer tersebut berada. Kita dapata secara pribadi mengetahui informasi-informasi tersebut. Dengan akomodasi internet yang ada kita juga sanggup berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertatap muka di satu tempat.

Internet sanggup dimisalkan sebagai kota Elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat (Internet address) yang sanggup dipakai untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk berkeliling kota, cukup dengan komputer sebagai kendaranya. Jaringan jalanya di atas media telekomuniaksi. Jalur lambatnya memakai line telepon dan jalur cepatnya memakai leased line atau ISDN.

Secara umum internet ialah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan banyak sekali mesin komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Mesin komputer tersebut sanggup berupa server, PC, Handphone, PDA, dan lain-lain.



Istilah internet berasal dari bahasa latin yang berarti antara. Secara harfiah internet diartikan dengan jaringan anatara atau penghubung. Fungsinya dari internet ialah untuk menghubungkan satu sama lain. Dengan adanya internet kita sanggup saling berkomunikasi.       

Pengertian dari Internet sanggup ditinjau dari banyak sekali aspek yaitu:
  1. Aspek Ilmu Pengetahuan 
    Internet dianalogikan sebagai perpustakaan besar yang di dalamnya memuat jutaan (bahkan milyaran) warta atau data yang sanggup berupateks, grafik, audio, animasi dan lain-lain dalam bentuk elektronik. Setiap orang sanggup berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja dab dimana saja.

  2. Aspek Komunikasi
    Internet merupakan sarana yang sangat efisisen dna efektif untuk melaksanakan pertukaran warta jarak jauh, maupun dalam lingkungan perkantoran.
  3. Aspek Sumber Daya Informasi
    Internet ialah seluruh manusi yang secara aktif berpartisifasi, sehingga menciptakan internet menjadi sumber daya warta yang sangat berharga.
Selain kita kenal istilah internet, kita juga sering juga mendengar kata internet, Intranet merupakan jaringan computer dalam skala kecil yang menghubungkan beberapa beberapa komputer dalam satu lokasi tertentu. Intranet juga sering disebut LAN (Local Area Network). Pengertian intarnet berdasarkan Khoe Yao Tung: " Intranet ialah LAN yang memakai standar komunikasi  dan segala akomodasi internet, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal". 

0 Response to "Penjelasan Konsep Internet Dan Dari Aneka Macam Aspek"