Latest News

Menulis Skrip Otomasi Pada Mac Anda Dengan Applescript

Jika Anda merasa nyaman dalam dunia scripting dan Anda bekerja pada Mac, AppleScript mungkin menjadi solusi otomatis untuk Anda. AppleScript yaitu bahasa yg besar lengan berkuasa yg memberi Anda kekuatan untuk mengontrol aplikasi apa pun, asalkan menyediakan perpustakaan AppleScript.

Gunakan untuk tugas-tugas biasa mirip mengubah ukuran foto Photoshop seCaranya otomatis, Mengubah nama folder, dan mengunci file dengan kata sandi. Kami Bakal memperlihatkan kepada Anda bagaimana Caranya menggunakannya.

Apa itu AppleScript 
Seperti bash, AppleScript yaitu bahasa scripting. Dan mirip dengan Automator, ini berinteraksi terutama dengan aplikasi dan Finder untuk mengotomatiskan kiprah untuk Anda. Ini dirilis sebagai bab dari Mac OS System 7, sepanjang tahun 1993. Sudah macet semenjak Saat itu, terletak di folder Utilities.

AppleScript semakin berkuasa dengan debut Mac OS X. Kerangka kerja Cocoa memudahkan pengembang aplikasi untuk memasukkan kompatibilitas AppleScript. Fleksibilitas yg meningkat itu, dikombinasikan dengan kemampuan AppleScript untuk berbiCaranya pribadi ke baris perintah, mengakibatkan AppleScript Keliru satu alat terbaik untuk penjinak. Ini juga memperlihatkan macOS keunggulan atas iOS Saat tiba ke otomatisasi.

Tinjauan Umum perihal AppleScripts Pra-Instal 
Sebelum kita mengulas apa yg dikatakan AppleScript, mari kita lihat skrip yg telah diinstal sebelumnya dengan Editor Skrip dan bagaimana Anda sanggup menggunakannya.

Skrip yg sudah diinstal sebelumnya tinggal di Macintosh HD> Library> Scripts. Anda juga sanggup mengaksesnya dengan membuka Editor Skrip (mencarinya dengan Spotlight), pergi ke sajian Preferensi> Umum> Tampilkan Skrip di bilah menu, kemudian klik ikon skrip yg muncul di bilah menu. 

Anda cukup menjalankan Keliru satu skrip ini dari bilah menu.

Mari kita lihat Tindakan Folder. Tindakan Folder yaitu AppleScript yg dilampirkan ke folder. Saat diaktifkan, skrip Bakal dijalankan pada file apa pun yg ditambahkan ke folder itu.

Jika Anda masuk ke Tindakan Folder> Lampirkan Script ke Folder, jendela sembulan Bakal menanyakan jenis skrip apa yg ingin Anda tambahkan ke folder. Anda sanggup membalik foto seCaranya horizontal atau vertikal, menggandakannya sebagai JPEG atau PNG, memutarnya, atau meminta peringatan Saat item gres ditambahkan.

setelah Anda menentukan skrip dan folder yg ingin Anda lampirkan, klik kanan folder itu sendiri. Buka Layanan> Pengaturan Tindakan Folder, dan pastikan Aktifkan Tindakan Folder dicentang. Kemudian seret file di atas folder untuk melihat AppleScript Anda berjalan.

Bermain-main dengan bilah sajian Script untuk mengetahui apa yg bisa dilakukan AppleScript untuk Anda. Untuk melihat apa yg terjadi di bawah tenda, buka folder Skrip, klik kanan pada skrip apa pun, dan buka dengan Editor Skrip.

Memahami Tell Statement 
AppleScript menggunakan sintaks yg sanggup dibaca manusia. Ini berarti bahwa, dibandingkan dengan banyak bahasa pemrograman lain, ia ditulis dalam format yg sanggup dimengerti. Karena menggunakan kata-kata dan kalimat Komplit untuk mengirim perintah, Mudah dipahami dan pribadi dipelajari. 

Baca Juga Mari kita lihat sintaks awal dari add - alert.scpt item gres dalam Tindakan Folder. Ini Bakal memperlihatkan wangsit pernyataan paling fundamental di AppleScript: Tell Statement.
 on adding folder items to this_folder after receiving added_items
    try
        tell application "Finder"
            --get the name of the folder
            set the folder_name to the name of this_folder
        end tell

"Tell tell" terdiri dari tiga bagian:
  • Kata "tell"
  • Objek untuk rujukan (dalam hal ini, aplikasi "Finder")
  • Tindakan yg Musti dilakukan (di sini, "atur folder_name ke nama this_folder").
Dalam istilah awam, Tell Statementdi atas menyampaikan "Tell Finder untuk menggunakan nama folder yg dilampirkan skrip ini setiap kali script meminta" this_folder ".

Tujuan AppleScript yaitu untuk mengotomatiskan tugas-tugas untuk Anda dengan memberi tahu aplikasi untuk melaksanakan tugas-tugas yg tidak ingin Anda lakukan sendiri. Karena itu, perintah "kirim" sangat penting. Anda bisa pergi jauh di dunia AppleScript dengan "kirim" sendiri.

Perhatikan juga: baris yg bertuliskan --get the name of the folder bersama-sama hanya komentar, yg memberi tahu pengguna apa yg dilakukan skrip pada Saat itu. Komentar sangat penting tidak hanya untuk memberi tahu orang lain apa yg dilakukan naskah Anda, tetapi juga untuk mengingatkan diri sendiri.

Menulis AppleScript Pertama Anda 

Jika Anda mempunyai pengalaman pemrograman dan terbiasa dengan konsep-konsep mirip variabel, loop do-while, dan kondisional, Anda bisa mendapatkan banyak hal dari AppleScript di luar cakupan pengantar ini. Untuk Saat ini, kami hanya Bakal memperlihatkan kepada Anda Caranya membuat, menulis, menjalankan, dan menyimpan skrip dasar:
  • Buat skrip: Buka Editor Skrip dan buka File> Baru.
  • Tulis skrip Anda: Jendela Editor Skrip dibagi menjadi dua bagian. Bagian atas yaitu untuk memasukkan skrip Anda; bab bawah Bakal memperlihatkan kepada Anda output Saat Anda menjalankannya. Ketik: tell application "System Events" to untuk menampilkan obrolan "Hello world!". Kemudian tekan tombol palu di bilah sajian sempurna di atas skrip untuk mengkompilasinya. Ini Bakal dijalankan melalui skrip Anda untuk menyelidiki kesalahan sintaksis. Jika Anda tidak mendapatkan obrolan kesalahan, dan skrip Anda mengubah format dan font, maka itu berhasil dikompilasi.
  • Jalankan skrip Anda: Di sebelah tombol palu yaitu tombol Play. Hit itu, dan lihat apa yg terjadi.
  • Simpan skrip Anda: Sekarang Anda mempunyai skrip dasar, Anda sanggup menyimpannya sebagai aplikasi yg sanggup diklik. Buka File> Simpan, dan di bawah Format File, pilih Aplikasi. Sekarang, alih-alih membuka Script Editor dan menekan Play, Anda cukup mengklik dua kali skrip Anda untuk menjalankannya. Jika Anda suka skrip di bash, Anda sanggup menggunakan AppleScript untuk mengubah skrip bash Anda menjadi aplikasi yg sanggup diklik. 
Dengan sintaks sederhana ini, Anda sanggup memberi tahu hampir semua aplikasi Mac untuk melaksanakan hampir semua hal. Untuk meninjau perintah yg tersedia untuk aplikasi yg diberikan, buka File> Buka Kamus dan pilih aplikasi. Dari sana, Anda sanggup melihat semua perintah AppleScript yg tersedia. 

Baca Juga

0 Response to "Menulis Skrip Otomasi Pada Mac Anda Dengan Applescript"