Latest News

7 Caranya Untuk Mematikan Aktivitas Tidak Responsif Di Linux

Perangkat lunak Linux cukup berpengaruh untuk bekerja tanpa menjadikan masalah, tetapi adakala bahkan aplikasi terbaik mungkin hang. Daripada menunggu hingga crash, Anda sanggup membunuh program-program yg tidak responsif ini. Faktanya, ada begitu banyak Caranya untuk membunuh aktivitas Linux sehingga Anda mungkin menemukan Anda dimanja oleh pilihan!

Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi di Linux, berikut yaitu beberapa Caranya untuk membunuh aktivitas di Linux.

Matikan Program Linux dengan Mengklik "X" 
Anda mungkin sudah mencoba berjalan pergi dan menciptakan minuman panas. Jika Anda kembali ke PC untuk mengetahui bahwa aplikasi masih menggantung, mungkin sudah cukup waktu untuk mulai bekerja lagi. Aplikasi tidak responsif biasanya mempunyai tombol berwarna abu-abu, atau opsi yg tampaknya tidak berfungsi. Anda juga mungkin tidak sanggup memindahkan jendela aplikasi di sekitar layar. 

Jadi, apa solusinya? Klik tombol X di sudut atas (kiri atau kanan, tergantung pada sistem operasi Linux Anda). Ini Musti menghentikan aktivitas mati di jalurnya. Anda mungkin melihat kotak dialog, meminta Anda untuk Tunggu atau Berhenti dengan paksa untuk mengakhirinya sekarang.

Jika semua berjalan sesuai rencana, beberapa distro Bakal meminta Anda untuk mengirim laporan kesalahan.

Gunakan Monitor Sistem untuk Mematikan Proses Linux 
Opsi selanjutnya yaitu membuka utilitas System Monitor sistem operasi Linux Anda. Ini biasanya ditemukan di sajian System Tools dan menampilkan daftar proses yg berjalan di bawah tab Processes. 

Untuk menutup aplikasi yg tidak responsif di sini, cukup pilih dan klik kanan. Anda kemudian mempunyai tiga opsi:
  • Stop Proses: Ini menjeda proses, membiarkan Anda melanjutkannya nanti. Ini tidak Bakal berfungsi dalam banyak kasus.
  • And Proses: Caranya yg benar untuk menutup suatu proses, ini Bakal menghentikan aplikasi dengan aman, membersihkan file sementara di jalan.
  • Kill Process: Ini yaitu opsi ekstrem dan hanya dipakai Jika End Process gagal.
yg terbaik yaitu menggunakan ini seCaranya berurutan. Namun, Jika aplikasi itu Keliru satu yg hang seCaranya teratur, Anda mungkin lebih suka menggunakan perintah yg Anda tahu berfungsi.

Paksa Matikan Proses Linux Dengan "xkill" 
Opsi lain yg sanggup Anda gunakan yaitu xkill. Ini yaitu alat force kill yg sudah diinstal di Ubuntu, tetapi Anda sanggup menginstalnya melalui Terminal pada distribusi lain Jika perlu. Saat dipanggil, xkill Bakal memungkinkan Anda untuk menutup proses desktop apa pun. Instal dengan perintah berikut:
sudo apt install xorg-xkill
setelah ini selesai, jalankan xkill hanya dengan mengetik
xkill
Pointer mouse Anda kemudian Bakal menampilkan tanda silang (atau tengkorak). Klik kiri pada aplikasi yg menyinggung untuk menutupnya

Jika mustahil untuk menutup aplikasi Anda yg tidak responsif dengan Keliru satu metode yg berfokus pada desktop ini, solusinya mungkin yaitu baris perintah ...

Gunakan Perintah "kill" 
Jika aplikasi Anda tidak responsif dan saran di atas tidak berfungsi (GUI mungkin tidak merespons), tekan Ctrl + Alt + T untuk membuka Terminal.

Beberapa opsi baris perintah tersedia untuk membantu Anda menutup aplikasi. Lebih baik lagi, ini sanggup dipakai di komputer Anda atau dengan menghubungkan melalui SSH dari perangkat lain.

Perintah kill sanggup dipakai di sini, tetapi pertama-tama membutuhkan ID proses. Anda sanggup menemukannya dengan menjalankan perintah menginterogasi aplikasi untuk ID prosesnya:
ps aux | grep [nama proses]
Hasilnya Bakal menampilkan ID proses. Ini kemudian sanggup dipakai sebagai berikut:
kill [ID proses]
Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu menambahkan perintah dengan sudo. 

Baca Juga Gunakan "pgrep" dan "pkill" 
Bagaimana Jika Anda tidak tahu, atau tidak sanggup menemukan, ID proses? Di sinilah perintah pkill masuk. Daripada ID proses, cukup gunakan pkill bersama dengan nama proses:
pkill [nama proses]
Atau, Anda sanggup menggunakan perintah pgrep untuk menemukan ID proses:
pgrep [nama proses]
... dan setelah ini, gunakan pkill dengan ID proses.
pkill [ID proses]
Seperti halnya dengan perintah kill, ini Musti menutup proses dalam waktu sekitar 5 detik.

Matikan Semua Contoh Dengan "killall" 
Tidak beruntung dengan membunuh atau membunuh? Saatnya untuk menggunakan opsi nuklir: killall.

Untungnya, ini tidak begitu menghancurkan. Perintah killall Bakal mengakhiri semua instance dari aktivitas yg ditentukan. Jadi, alih-alih membunuh satu jendela Firefox, perintah berikut Bakal mengakhiri semuanya:
killall firefox
yg Anda butuhkan hanyalah nama proses dan perintah killall (mungkin dengan sudo Jika diminta oleh pengaturan Anda).
killall [nama proses]
SeCaranya alami, Anda hanya Musti menggunakan perintah ini dikala dibutuhkan. Itu tidak cocok untuk situasi aktivitas yg paling tidak responsif.

Buat Pintasan Keyboard Force-Kill 
Ingin menghemat waktu untuk menutup perangkat lunak yg tidak responsif? Opsi terbaik yaitu menciptakan pintasan keyboard. Ini Bakal memberi Anda opsi pribadi untuk menutup aplikasi, tetapi ini membutuhkan xkill semoga sanggup berfungsi.

Di Ubuntu, buka Pengaturan> Keyboard dan klik Pintasan. Pilih Custom Shortcuts, kemudian + untuk menciptakan pintasan baru. Masukkan "xkill" untuk Nama dan Perintah, kemudian Terapkan. Ini Bakal mengembalikan Anda ke daftar pintasan pilih pintasan, kemudian tekan kombinasi keyboard yg diharapkan yg Bakal Anda gunakan untuk memanggilnya. 

Lain kali Anda Musti menutup aplikasi, cukup gunakan pintasan keyboard. Pointer mouse Bakal menjadi X, dan Anda sanggup mengklik di mana saja pada aplikasi yg ingin Anda tutup.

Baca Juga

0 Response to "7 Caranya Untuk Mematikan Aktivitas Tidak Responsif Di Linux"