Latest News

Cara Menampilkan Data Di Database Dengan Delphi Memakai Adoquery


Cara Menampilkan Data di Database dengan Delphi Menggunakan AdoQuery - Hallo... selamat malam guys kembali lagi dengan aku salah satu admin Belajarngulik.net, nah pada artikel atau postingan blog kali ini aku akan membahas tentang Cara Menampilkan Data di Database MySQL dengan Delphi Menggunakan AdoQuery tutorial ini sesungguhnya tidak hanya untuk menampilkan data di Database MySQL tetapi sanggup juga di Database Microsoft Acces tentunya.

Pada postingan sebelum - sebelumnya aku telah membahas Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable dan tentunya sangat berbeda dengan cara memakai AdoQuery. Pada AdoQuery ini kita akan memakai sebuah perintah Query yang nantinya kita masukan ke salah satu properties AdoQuery.

Nah bagi kalian yang awam dalam hal Cara Menampilkan Data di Database dengan Delphi Menggunakan AdoQuery tentunya akan kebingungan bagaimana langkah - langkahnyakan?, nah untuk itu anda beruntung masuk ke artikel ini. Untuk mempersingkat waktu semoga tidak menciptakan ingin tau bagaimana langkah - langkahnya silahkan simak tutorial tahap - tahapnya dibawah ini:
  1. Seperti yang kita ketahui bahwa kita ingin menampilkan data ke delphi maka dari itu kita pastikan terdahulu bahwa Project Delphu kita sudah tersambung dengan Database yang kita targetkan atau inginkan, untuk anda yang tidak tahu bagaimana atau menyerupai apa project yang sudah terhubung ke Daatabse silahkan simak ulasan Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp atau bila databse anda Microsoft Acces silahkan simak ulasan Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi dengan Mudah.
  2. Untuk tahap no 2 kita tambahkan sebuah komponen yang kita bicarakan pada artikel ini yaitu AdoTable, untuk AdoTable biasanya tergabung di komponen dbGo, atau bila anda susah mencarinya ketikan saja "AdoQuery" atau kata yang mendekati AdoQuery di kanan atas textbox.

    Jika sudah ketemu drag atau tempatkan AdoQuery pada Form yang ingin kita tampilkan sebuah database, ya misalnya menyerupai gambar dibawah ini. Biasanya AdoQuery bila pertama kali dimasukan ke form akan memiliki nama default yaitu AdoQuery1 begitupun dengan komponen lainya.

  3. AdoQuery sudah tersimpan kita atur propertiesnya cari properties dengan nama Connection dan isi dengan ADOConnection1 untuk menghubungkan ke database, sebab AdoConnection sanggup dikatakan merupakan media penghubung antara Database dengan Delphi. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini aku kasih tanda panah semoga anda sedikit ada gambaran.

  4. Masih di proprties AdoQuery, kita cari lagi nama properties dengan nama " SQL " biasanya ada di bawah maka scroll saja, cari  nama properties " SQL " dan klik (TStrings) di sebelahnya, kemudian akan muncul sebuah String List Editor, nah pada String List Editor kita isi dengan perintah Query menampilkan sebuah data di dalam tabel Database yang kita inginkan dengan format " SELECT * FROM namatabel ", sebagai pola aku akan memasukan Query menyerupai dibawah ini:
    SELECT * FROM spp
    Pada perintah Query diatas tersebut aku akan menampilakans sebuah data dari tabel spp, jadi sesuaikan saja dengan tabel yang anda ingin tampilkan di project Delphi anda. Dan untuk lebih jelasnya untuk tahap no 4 ini silahkan perhatikan gambar dibawah ini bila sudah klik saja ok untuk menyimpan perintah Query tersebut.

  5. Selanjutnya Kembali scroll keatas pada proprties AdoQuery cari properties dengan anam Active biasanya paling atas, disebelah properties Active ada kata false kita ubah menjadi true dengan cara mengkliknya atau menceklistnya menyerupai gambar dibawah ini.
    Maksud dari perubahan dari false ke true yaitu kita benar - benar mengaktifkan AdoQuery untuk mengambil data tabel dari database, nah jadi bila anda ingin mematikanya klik atau ubah saja menjadi false.
  6. Sudah mengatur AdoQuery lanjut kita penambahan lagi komponen, kita tambahkan komponen DataSource, sama halnya dengan penambahan AdoQuery bila tidak tahu dimana letak DataSource ketikan saja pada textbox sebelah kanan atas, atau biasanya terletak di tab Data Acces.

    Jika sudah ketemu klik atau drag tambahkan pada form menyerupai layaknya penambahan AdoQuery.

  7. Lanjut ke pengaturan DataSource, pada DataSource perubahanya sangat simple sekali kita hanya mengarahkan untuk terkoneksi AdoQuery, untuk mengatur menghubungkanya klik DataSet dan isi dengan AdoQuery1, atau bila anda memiliki lebih dari satu AdoQuery maka tentukan saja impian anda AdoQuery mana yang anda inginkan untuk terhubung ke DataSource yang anda maksud.

  8. Kita lanjut kenambahan wadah datanya, kita tambahkan DBGrid dengan cara sama halnya pencarian komponen yang bianya terletak atau terkelompok di tab Data Controls. Jika sudah ketemu DBGrid maka tambahkan dengan cara klik atau drag saja ke form yang anda inginkan maka DBGrid pun muncul secara default bewarna putih kotak.

  9. Kita atur properties DBGrid, untuk menampilkan data dari Database ke DBGrid kita atur Data Source yang berada di Properties di DBGrid, cari Data Source yang ada di DBGrid kemudian isikan dengan DataSource1 menyerupai gambar dibawah ini, bila benar secara otomatis DBGrid akan menampilkan secara otomatis data dari table database, dan coba run atau tekan F9 di keyboard.
    Untuk mempercantiknya silahkan atur atur saja sesuai impian anda menyerupai Width sebuah kolom, text size, color dan lain lain pada DBGrid. 

Nah begitulah Cara Menampilkan Data di Database dengan Delphi Menggunakan AdoQuery, menyerupai yang aku katakan hanya bermain dengan properties dan tidak ngoding, untuk lebih jelasnyab coba perhatikan gambar dibawah ini. Saya menerangkan bahwa aku berhasil menampilkan sebuah tabel spp dari Database MySQL.


Ok Guys cukup sekian tutorial Cara Menampilkan Data di Database dengan Delphi Menggunakan AdoQuery dengan rasa hormat aku semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan sanggup gampang di pahami bagi yang membacanya, untuk mengakhiri artikel ini aku ucapkan terima kasih bagi yang sudah berkunjung pada blog aku ini semoga anda tidak bosan berkunjung lagi lain waktu dan selesai kata aku ucapkan salam Ngulik.

0 Response to "Cara Menampilkan Data Di Database Dengan Delphi Memakai Adoquery"