Latest News

11 Distro Linux Terbaik Untuk Programmer

Anda sanggup melaksanakan lebih dari sekadar meramban web dengan distribusi Linux. Anda Bakal menemukan distro Linux dikonfigurasi untuk hampir semua penggunaan, termasuk beberapa yg ditujukan untuk programmer.

Karena distribusi Linux bersifat open-source, fungsional, dan dikemas dengan alat yg bermanfaat, Linux memperlihatkan lingkungan yg berkembang bagi para pengembang. Linux mempertahankan kompatibilitas dengan hampir semua bahasa pemrograman utama dan minor, jadi ini yakni platform yg tepat bagi Anda untuk memulai pengkodean.

Berikut yakni beberapa distro Linux terbaik untuk programmer.

Ubuntu 
Ubuntu yakni Keliru satu distribusi Linux paling populer. Ini terkenal di setiap jenis pengguna Linux, dari pemula sampai profesional Linux berpengalaman. Untuk pengembang dan pemrogram, Ubuntu LTS (Dukungan Jangka Panjang) mengatakan stabilitas tambahan. 

Seperti Debian, Ubuntu menggunakan manajer paket DEB, sementara versi Ubuntu yg lebih gres juga menyertakan paket Snap sehingga menginstal perangkat lunak gres yakni proses yg sederhana dan mudah.

Ini membantu menjelaskan mengapa ini merupakan platform yg terkenal untuk pemula Linux. Ini juga seCaranya khusus mempunyai kegunaan bagi programmer, lantaran paket Snap menyediakan Caranya yg lebih Mudah untuk mengemas dan mendistribusikan perangkat lunak baru, sementara juga menyediakan repositori perangkat lunak besar dari perangkat lunak yg cocok bagi pengembang untuk menggunakannya sendiri.

Basis pengguna yg besar berarti Anda sanggup memanfaatkan lembaga komunitas yg sangat aktif untuk dilema pertolongan apa pun. Ada banyak ruang untuk menyesuaikan pengalaman pengguna dengan banyak sekali turunan Ubuntu ibarat Lubuntu dan Xubuntu, menjadikannya pesaing yg berpengaruh untuk menjadi distro Linux terbaik untuk pemrograman.

Download: Ubuntu

Pop! _OS 
Dari Linux, pabrikan PC System76 menghadirkan Pop! _OS, sistem operasi Linux yg dirancang untuk pengembang, pemrogram, dan pembuat. Ini berbasis di sekitar Ubuntu dan menggunakan lingkungan desktop GNOME, jadi Musti menjadi pengalaman Linux yg bersahabat bagi kebanyakan pengguna. 

Ini yakni Keliru satu OS Linux terbaik untuk pemrogram, berkat ekspansi penggunaan pintasan keyboard, pemilihan perangkat lunak yg dirancang khusus, dan dimasukkannya repositori seorang andal ibarat TensorFlow (untuk pemrogram ilmiah).

Pop! _OS yakni pilihan yg baik untuk pengguna perangkat keras System76 atau bagi mereka yg hanya menikmati estetika. Itulah sebabnya Pop! _OS berada di peringkat sebagai Keliru satu distribusi Linux terbaik di pasar seCaranya keseluruhan, bukan hanya untuk pemrograman.

Download: Pop! _OS

Debian 
Debian yakni kakek dari ratusan distribusi Linux, yg berarti tidak hanya merupakan distro yg bersahabat bagi para programmer untuk digunakan, ia juga mempunyai sejumlah besar pertolongan di sekitarnya. 

Ubuntu yg sangat terkenal didasarkan pada Debian, jadi Jika Anda berasal dari OS itu, Anda tidak Bakal merasakannya tidak sama. Rilis stabil Debian memperlihatkan kinerja yg luar biasa untuk lingkungan produksi, sementara cabang pengujiannya menampilkan perangkat lunak dan paket yg paling mutakhir.

Repositori Debian yakni tingkat atas dan ada komunitas yg berkembang mendukung distro, menjadikannya pilihan yg ramah bagi pemula yg terjebak dengan rasa Linux lainnya.

Download: Debian

CentOS 
Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yakni sistem operasi Linux yg dikembangkan oleh raksasa teknologi Red Hat. CentOS yakni alternatif RHEL, mengambil semua kepingan terbaik dari RHEL dan mengemasnya dalam rilis "komunitas" gratis. Sebagian besar perangkat lunak RHEL komersial berjalan dengan Mudah di CentOS dengan menggunakan administrasi paket YUM. 

CentOS juga memperlihatkan repositori perangkat lunak yg mengesankan, serta Red Hat Software Collections (RHSCL) untuk bahasa yg dinamis dan database open-source. Ini memperlihatkan lingkungan yg ideal untuk programmer yg berfokus pada pengembangan perjuangan dan pemrograman seCaranya umum.

CentOS juga merupakan Keliru satu distribusi Linux gratis terbaik untuk server, menjadikannya platform yg baik untuk pengembangan dan pengujian web.

Download: CentOS

Fedora 
Seperti CentOS, Fedora yakni varian edisi komunitas RHEL lainnya. Distro Red Hat ini sangat cocok untuk programmer yg mencari rilis perangkat lunak yg berdarah, lantaran cenderung mempunyai paket yg paling mutakhir, serta sistem untuk menyediakan pembaruan otomatis. 

Dengan Fedora, ada siklus rilis enam bulan, dan peningkatan (biasanya) tidak menyakitkan. Pembuat Linux, Linus Torvalds, menentukan Fedora daripada distro besar lainnya ibarat Ubuntu atau Debian. Jika itu cukup baik untuk Linus, itu mungkin cukup baik untuk Anda juga.

Download: Fedora

Kali Linux 
Sistem operasi Linux berbasis Debian lainnya, Kali Linux mengasah ceruk keamanan. Karena Kali menargetkan pengujian penetrasi, ia dikemas dengan alat pengujian keamanan. Anda Bakal menemukan cracker kata sandi John the Ripper, suite pengujian pena Aircrack-ng, dan pemindai keamanan aplikasi web OWASP ZAP diinstal seCaranya default. 

Baca Juga Itulah yg menyebabkan Kali Linux pilihan utama bagi para programmer, pengembang, dan peneliti keamanan, terutama Jika Anda seorang pengembang web. Ini juga merupakan OS yg manis untuk perangkat berdaya rendah, lantaran Kali Linux berjalan dengan baik pada perangkat ibarat Raspberry Pi.

Karena sumber daya pemrograman terkenal untuk Pi, Kali OS menjadi alternatif Raspbian yg hebat.

Download: Kali Linux

Arch Linux 
Untuk OS yg ringan namun kuat, coba Arch Linux. Ini yakni Keliru satu OS Linux terbaik untuk pengembang dengan fondasi yg sanggup diubahsuaikan dan diubahsuaikan yg menempatkan pengguna dalam kontrol penuh. 

Karena ini yakni distro minimalis, Arch hadir dengan hal-hal fundamental — ​​kernel Linux dan manajer paket, Pacman. Arch pada awalnya tidak dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI), sehingga pengembang yg mencari lingkungan pemrograman minimalis Bakal merasa betah menggunakannya.

Mempertimbangkan penginstalannya yg rumit, Arch direkomendasikan untuk pengguna Linux tingkat lanjut. Ini yakni distro Linux yg tepat untuk programmer, tetapi hanya Jika Anda bersedia bekerja keras melalui proses distro Anda sendiri yg kesudahannya memuaskan tetapi diakui panjang. Ini yakni pilihan yg manis untuk pemrogram yg ingin menyesuaikan instalasi Linux mereka semenjak awal.

Download: Arch Linux

Gentoo 
Seperti Arch, Gentoo menyediakan sarana untuk mengendalikan sepenuhnya instalasi Linux Anda dari awal. Hanya manajer paket dan kernel Linux yg disediakan. Hampir setiap elemen instalasi OS diserahkan kepada Anda termasuk mengkompilasi arahan sumber untuk distro. 

Karena Anda dipaksa untuk mengompilasi Gentoo, Anda mendapatkan distro Linux yg dirancang sesuai dengan keperluan Anda, dari pengaturan perangkat keras khusus sampai repositori perangkat lunak tertentu. Pilihan ini sanggup menguntungkan pemrogram dengan persyaratan perangkat lunak atau perangkat keras tertentu.

Download: Gentoo

NuTyX 
NuTyX yakni distro Linux alternatif yg sangat fleksibel (walaupun kurang dikenal) untuk dicoba oleh pengembang. 

Ini memberi kontrol penuh kepada pengguna, mengadopsi Linux dari awal mentalitas. Seperti Arch, NuTyX dikirimkan dengan manajer paket dan kernel dan memungkinkan para penggunanya membuat pengalaman yg disesuaikan, dari menentukan lingkungan desktop sampai aplikasi dan banyak lagi.

Programer yg mencari pembiasaan Bakal menemukan apa yg mereka cari di NuTyX, selama mereka dipersenjatai dengan kesabaran untuk menuntaskan proses instalasi yg panjang dan melibatkan.

Unduhan: NuTyX

OpenSUSE 
Meskipun turunan Ubuntu dan Debian cenderung mendominasi, OpenSUSE yakni alternatif yg baik. Ada rilis LTS (seperti distro besar lainnya), serta Tumbleweed, iterasi yg berdarah. 

OpenSUSE menghasilkan lingkungan perusahaan dengan manajer paket yg sangat baik di YaST. Ini stabil dan menyediakan banyak installer di situs webnya, termasuk opsi untuk instalasi hypervisor dan banyak sekali lingkungan desktop.

OpenSUSE juga memperlihatkan opsi rilis tetap dan bergulir, bermacam-macam pilihan lingkungan desktop, dan instalasi aplikasi intuitif menjadikannya Keliru satu distro Linux terbaik untuk programmer.

Download: OpenSUSE

elementary OS
Meskipun sistem operasi Linux termasuk Ubuntu sangat user-friendly, OS dasar mengambil fasilitas penggunaan ke tingkat yg sama sekali baru. 

OS Linux yg ramah bagi pemula ini mempunyai visi yg sanggup dimengerti dengan lingkungan desktopnya sendiri di Pantheon, yg sangat ibarat dengan macOS. Karena kesederhanaannya, OS dasar yakni pilihan yg berpengaruh untuk programmer yg gres mengenal ruang Linux, terutama Jika mereka berasal dari lingkungan Apple.

Pada boot pertama, Anda Bakal menemukan semua aplikasi yg biasa Anda harapkan, termasuk aplikasi email, aplikasi foto, dan aplikasi musik. Perangkat lunak untuk pengembang Mudah dipasang menggunakan sentra perangkat lunak atau dengan manajer paket yg tepat di jendela terminal.

Download: elementary OS

Baca Juga

0 Response to "11 Distro Linux Terbaik Untuk Programmer"